nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Arti Mimik Wajah Bayi saat Disuapi Makan

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 19:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 24 196 2047568 kenali-arti-mimik-wajah-bayi-saat-disuapi-makan-17tCOLueMV.jpg Mimik Bayi saat Disuapi Makan (Foto: The Sun)

MENYUAPI makan anak yang masih balita memang bukan perkara mudah. Tidak semua anak bisa dengan gampang untuk disuapi makan, terlebih lagi di masa-masa inilah anak-anak sedang mengeksplor mana makanan yang ia suka dan mana yang tidak.

Bicara soal disuapi makan, walau masih sangat kecil nyatanya anak-anak balita ini bisa menyuarakan pendapatnya soal makanan yang diberikan loh! Caranya melalui mimik wajah, alias ekspresi muka yang ditampilkan.

Nah, sebagai orangtua tentu kita harus mengetahui dan memahami arti di balik mimik wajah anak yang berbeda-beda setiap kali disuapi makan ini. Untuk Anda yang masih bingung, melansir Thesun, Rabu (24/4/2019) berikut pemaparan arti mimik ekspresi wajah anak saat sedang disuapi makan, dari mulai hidung yang berkerut, hingga bibir yang mengerut.

Baca juga :

1. Hidung berkerut : Alias wrinkled nose, sudah jelas ya jika anak memberikan mimik satu ini saat sedang disuapi makan atau minum ini adalah tanda tidak suka atau "penolakan ringan". Namun tenang, para ahli merekomendasikan coba tunggu sampai anak sudah merasa tenang sedikit sebelum mencoba suapan berikutnya.

2. Menyipitkan mata : Disebutkan sebagai salah satu tanda yang lebih jelas bahwa anak tidak tertarik pada apa pun yang sedang berikan kepada mereka, para ahli juga berpendapat bahwa ini adalah cara mereka untuk mencari tahu apakah mereka suka rasanya. Tapi jangan menyerah dulu, bisa tetap coba untuk diberikan pada anak sedikit demi sedikit.

3. Menurunkan alis: Dikatakan sebagai tanda bahwa anak mungkin hanya sedang bingung dengan rasa baru yang ia coba, jadi jangan langsung menghapus jenis makanan atau minuman yang sedang disuapi kepada anak. Sebab sejatinya anak tengah mencoba mengambil keputusan apakah ia menyukai makanan tersebut atau tidak.

4. Mengerucutkan bibir : Biasanya ekspresi ini keluar saat anak diberikan makanan manis atau gurih asin, yang biasanya memang banyak dapat respon positif dari anak balita yang mana kemungkinan karena terbiasa dengan rasa air susu ibu (asi) yang gurih dan asin. Selain mengerutkan bibir, anak juga bisa saja mengangkat bahu mereka.

5. Mulut menganga lebar : Menurut penelitian, mulut yang lebar dan terbuka yang ditunjukkan anak menunjukkan ia sedang makan sesuatu yang pahit yang mana membuat dirinya bingung.

6. Mengerutkan wajah : Sama halnya seperti ekspresi wajah yang diberikan orang dewasa ketika memakan sesuatu yang asam, mimik wajah mengerutkan alias mengerenyitkan wajah juga diberikan anak ketika ia memakan sesuatu yang asam. Disarankan untuk tidak memaksa anak untuk mengonsumsi makanan bercita rasa asam , ketika anak memang sudah memberi tanda “tidak suka” .

7. Mulut terbuka dan mata berbinar : Jika bayi Anda menunjukkan mulut terbuka dan ekspresi tertarik pada makanan mereka (tidak berhenti memandanginya) maka bisa dikatakan bahwa anak memang menikmati suapan makanan mereka tersebut.

8. Ekspresi bingung : Ini menunjukkan anak tengah mengira-ngira, mencari tahu tentang makanan yang sedang dikonsumsi. Jika suka, maka mereka bisa membuka lebar mulut untuk suapan berikutnya atau jika tidak mereka akan menolaknya salah satunya dengan cara mendorong makanan dengan jijik.

9. Memalingkan wajah : Memalingkan muka atau menarik diri dari Anda saat sedang disuapi, ini adalah tanda jelas dari anak untuk mengatakan bahwa ia memutuskan untuk sudah selesai makan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini