nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Manfaat Menakjubkan dari Kurma jika Dimakan Setiap Hari

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 20:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 24 481 2047611 6-manfaat-menakjubkan-dari-kurma-jika-dimakan-setiap-hari-8LMflMdBpk.jpg Buah kurma (Foto: Healthyfoodhouse)

BULAN Ramadan tak lama lagi tiba. Umat Muslim di seluruh dunia akan menjalani bulan yang penuh berkah itu dengan berpuasa. Saat berpuasa, biasanya ada hal-hal yang dirindukan seperti kebiasaan buka puasa. Entah itu bersama keluarga, teman, atau bahkan dengan orang-orang yang belum pernah dikenal sebelumnya seperti anak yatim piatu.

Akan tetapi, saat berbuka puasa ada hal yang jarang terlewatkan yaitu pilihan menu untuk membatalkan puasa. Ada orang yang memilih untuk menyantap makan besar, camilan, minum minuman hangat, minum es buah, atau bahkan hanya dengan menyantap kurma seperti yang dilakukan oleh nabi. Tapi tahukah Anda, di balik itu semua ternyata kurma memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak bagi tubuh. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya seperti yang Okezone lansir dari Food Prevent, Rabu (24/4/2019)

Baca Juga: Rutin Konsumsi Buah Ini Bantu Cegah Diabetes Tipe 2

1. Mengurangi risiko kanker usus besar

Kurma terbukti bebas dari bakteri berbahaya sehingga akan dicerna dengan mudah. Saat sistem pencernaan dan usus bekerja dengan baik, maka hal yang sama terjadi pada usus besar. Dengan demikian mengurangi risiko kanker usus besar. Sebuah penelitian menemukan mereka yang mengonsumsi kurma mengalami peningkatan kesehatan usus besar karena terjadi pertumbuhan bakteri baik yang menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

 Kurma mengandung gula alami, glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang akan memberi tubuh ledakan energi saat dibutuhkan

2. Memberikan energi yang cepat dan tahan lama

Kurma mengandung gula alami, glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang akan memberi tubuh ledakan energi saat dibutuhkan. Tidak seperti bar energi atau minuman, kurma mengandung komponen sehat lainnya seperti serat, potasium, magnesium, vitamin, dan antioksidan yang akan membuat level energi naik tapi tidak cepat hilang alias bertahan lama.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kurma dapat menjaga sistem pencernaan agar berjalan dengan baik dan teratur. Konsumsi satu cangkir sajian kurma dapat memberikan 12 gram serat untuk tubuh. Jumlah dan jenis serat yang tepat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan karena mencegah sembelit dan membuat buang air besar teratur.

4. Otak bisa lebih pintar

Kurma mengandung Vitamin B6 yang telah terbukti meningkatkan kinerja otakdengan membantu tubuh membuat serotonin dan norepinefrin. Serotonin pada gilirannya mengatur suasana hati dan norepinefrin membantu tubuh mengatasi stres. Tentunya saat otak bersih dari stres dan suasana hati sedang baik, maka dapat berpikir tajam dan menyimpan informasi dengan lebih baik.

 Wasir adalah peradangan dan pembengkakan vena di anus dan dubur.

5. Mengatasi wasir

Wasir adalah peradangan dan pembengkakan vena di anus dan dubur. Kondisi sering disebabkan oleh sembelit yang menyebabkan ketegangan di daerah tersebut. Wasir adalah kondisi yang mengerikan dan seringkali sangat menyakitkan. Beruntung kondisi ini dapat diatasi dengan perubahan pola makan untuk mengurangi sembelit. Caranya diet tinggi serat seperti rutin mengonsumsi kurma.

Baca Juga: Intip Gaya Hot Mom Jennifer Bachdim Pakai Bikini di Kolam Renang

6. Meningkatkan kinerja sistem kardiovaskular

Kurma juga mengandung kalium yang dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Tingginya kadar LDL diketahui dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Namun saat kadarnya menurun atau berada di batas normal, maka risiko tersebut juga akan ikut menurun dan meningkatkan kinerja sistem kardiovaskular menjadi lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini