nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya Muslim, Umat Kristiani Juga Berpuasa

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 24 481 2047628 tak-hanya-muslim-umat-kristiani-juga-berpuasa-wGy1rRV42v.jpg Seruan Puasa bagi Umat Kristiani (Foto: Goodhousekeeping)

DALAM waktu hitungan hari umat Muslim di seluruh dunia akan kembali menjalani ibadah puasa. Berdasarkan perhitungan, bulan Ramadan akan tiba di minggu pertama bulan Mei. Saat puasa, umat Muslim menahan lapar dan haus serta nafsu selama sebulan penuh. Namun tahukah Anda, jika ibadah puasa bukan hanya dikenal oleh agama Islam?

Umat Kristiani ternyata juga mengenal ajaran berpuasa. Hal ini tertulis dalam sejumlah bacaan injil di Alkitab. Injil Matius 4:21 menunjukkan jika Yesus berpuasa selama empat puluh hari empat puluh malam. Dalam injil Lukas 4:2 ditambahkan pada masa berpuasa, Yesus tidak makan apa-apa dan setelah berakhir diriNya kemudian merasa lapar.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Buah Ini Bantu Cegah Diabetes Tipe 2

Kebiasaan Yesus berpuasa diikuti oleh para muridNya. Hal ini dilakukan guna membuktikan para murid benar-benar mengikuti ajaranNya. Fakta ini tertulis dalam injil Yohanes 8:31 yang berbunyi, “Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku.”

Dalam bacaan injil Lukas 5:33 turut serta dikatakan orang-orang yang bertanya mengapa para murid Yohanes sering berpuasa, dan berdoa, dan juga para murid orang-orang Farisi, tetapi kamu makan dan minum. Lalu dalam injil Lukas 5:35, Yesus menjawab pertanyaan mereka dan mengatakan para muridNya akan berpuasa pada masa itu.

 

Selain itu, Yesus juga memberi petunjuk kepada para muridnya tentang cara berpuasa untuk Allah yang tertuang dalam injil Matius 6: 16-18 tentang hal berpuasa.

Bunyinya adalah “Dan apabila kamu berpuasa , janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

Bukti para murid Yesus ikut berpuasa tertuang dalam kitab Kis 13:3 yang berbunyi, “Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.” Alkitab turut menyebutkan puasa sebagai salah satu peringatan dari seorang pengikut Allah. Hal ini tertuang dalam kitab 2 Korintus 6:5 yang berbunyi, “Dalam menanggung dera, dalam penjara dan kerusuhan, dalam berjerih payah, dalam berjaga-jaga dan berpuasa.”

Para murid tidak dapat mengusir setan dari anak laki-laki, tetapi Yesus mengusirnya. Ketika para murid bertanya bagaimana dia melakukannya, dia mengatakan bahwa jenis ini hanya dapat diusir “dengan doa dan puasa” (Markus 9:29).

Baca Juga: Intip Gaya Hot Mom Jennifer Bachdim Pakai Bikini di Kolam Renang

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, dapat ditarik kesimpulan jika Tuhan menyelamatkan umat manusia dari ketidakpastian kehidupan berdasarkan pesan terakhirNya. Dia memerintahkan semua orang percaya kepadaNya untuk berpuasa selama sebulan setiap tahun. Saat ini umat Kristiani masih berpuasa sesuai dengan instruksi yang tertulis di alkitab, begitu juga dengan umat Muslim. Semuanya adalah pengikut Tuhan. Demikian seperti yang Okezone lansir dari About Islam, Rabu (24/4/2019).

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini