nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mental Anak-Anak Palu Perlu Dikuatkan Pasca-Gempa, Bagaimana Caranya?

Dito Bagus Wibowo, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 11:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 24 612 2047329 mental-anak-anak-palu-perlu-dikuatkan-pasca-gempa-bagaimana-caranya-WV3ohz0dGO.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJELANG Bulan Suci Ramadan merupakan momentum untuk mengobarkan spirit untuk peduli terhadap sesama. Ramadan menjadi momen yang tepat untuk berlomba-lomba berbagi kebaikan kepada antar-sesama, terlebih kepada masyarakat yang membutuhkan.

Memang, bencana alam yang belum lama ini terjadi di Lombok, Palu serta Donggala yang telah menyebabkan banyak kerugian dan meninggalkan duka yang mendalam. Di Lombok ditemukan sekitar 371.966 rumah rusak dan 431.416 masyarakatnya harus hidup sebagai pengungsi.

Sedangkan di wilayah Palu dan Donggala, sejumlah 64.317 rumah mengalami kerusakan hingga hilang dan 77.084 jiwa harus mengungsi. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah pun menyatakan rangkaian bencana tsunami, gempa dan likuifaksi di wilayahnya telah menyebabkan kerugian yang di taksir mencapai sekitar 20 Triliun.

Baca Juga: Intip Gaya Hot Mom Jennifer Bachdim Pakai Bikini di Kolam Renang

Image result for gempa anak, okezone

“Banyak sarana di wilayah-wilayah tersebut yang rusak sehingga menghambat berbagai aktivitas masyarakat, salah satunya kegiatan belajar mengajar,” jelas Kepala Divisi Pendistribusian Baznas Ahmad Fikri.

Meski telah melewati masa krisis bencana, mereka yang bertahan masih membutuhkan dukungan untuk membangun dan mengembalikan kehidupan seperti sedia kala.

Kini secara perlahan sebagaian masyarakat mulai mencoba untuk bangkit dan kembali beraktivitas, namun memang upaya untuk mengembalikan kehidupan mereka seperti sedia kala masih membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan bisa diprediksi hingga lebih dari 2-3 tahun.

Meskipun Donggala menjadi wilayah yang mengalami kerusakan terbesar, namun Palu menjadi area yang belum banyak menerima bantuan. Masih banyak sarana yang harus dibangun kembali, seperti sekolah dasar.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Buah Ini Bantu Cegah Diabetes Tipe 2

Image result for gempa anak, okezone

"Anak-anak yang usianya masih kecil. Tidak mudah dalam membangkitkan semangatnya kembali, tidak mudah dalam menyembuhkan rasa traumanya," ujar Ahmad Fikri.

Oleh karena itu, anak-anak di Palu perlu diberi semangat, salah satu caranya adalah dengan menunjukkan sekolah serupa di Donggala, yang berhasil bangkit. Dengan demikian, maka ini dapat mengurangi rasa trauma yang dihadapinya.

Senada, aktris Jessica Mila menyebut dampak dari gempat tersebut sangat luar biasa sekali, karena masih banyak sekolah yang hancur dan tidak memungkinkan untuk dipakai. "Akhirnya mereka harus belajar di tenda atau sekolah darurat," katanya.

Menurutnya, dia telah melakukan donasi dan juga dari pihak keluarganya mengunjungi tempat tersebut, untuk memberikan semangat positif pada anak-anak tersebut. "Zaman sekarang harus berita positif, supaya tidak berpikir negatif,” jelas dia.

Selain itu, dia menyebut setiap orang harus berbagi tanpa memandang latar belakang mereka. Terlebih di bulan yang penuh kebaikan seperti Ramadan nanti. "Kita semua dapat bersatu menuju tujuan yang mulia, yaitu meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan," Ujarnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini