nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terinspirasi Kartini, Maudy Koesnaedi : Perempuan Harus Memberdayakan Dirinya Seoptimal Mungkin

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 19:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 24 612 2047617 terinspirasi-dari-kartini-maudy-koesnaedi-perempuan-harus-memberdayakan-dirinya-seoptimal-mungkin-qfHtyKJmuH.jpg Maudy Koesnaedi (Foto: @maudykoesnaedi/Instagram)

Perjuangan Raden Ajeng Kartini agar perempuan di Indonesia mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki berbuah manis. Sekarang ini emansipasi wanita semakin terlihat jelas. Perempuan bisa mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya dan bekerja di bidang apapun yang diinginkan. Namun tetap tidak melupakan kodratnya sebagai istri dan ibu.

Artis peran Maudy Koesnaedi turut serta merasakan kesempatan tersebut. Hingga saat ini, dirinya masih terus aktif di dunia hiburan. Setelah namanya melejit berkat aktingnya sebagai Zaenab di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, jebolan Abang None Jakarta 1993 itu menerima banyak tawaran untuk bermain film dan sinetron. Dia juga aktif bermain teater dan bidang seni lainnya.

Di sisi lain, Maudy juga merupakan ibu rumah tangga. Dia merupakan istri dari Erik Meijer dan memiliki satu putra bernama Eddy Maliq Meijer. Sebagai wanita karier dan ibu rumah tangga, artis berdarah Sunda itu berusaha untuk membagi waktu seadil mungkin.

“Saya bersyukur kerja di dunia yang jam kerjanya cukup fleksibel, bisa mengatur waktu. Saya biasanya mengambil pekerjaan yang memberikan manfaat, jika tawarannya dirasa kurang, saya lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama keluarga,” terang Maudy saat ditemui Okezone dalam acara talkshow “Mompreneur” yang diadakan oleh Danone AQUA di Jakarta baru-baru ini.

maudy

(Foto: @maudykoesnaedi/Instagram)

Bagi Maudy, kesempatan berkarya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh perempuan. Perempuan perlu memosisikan dirinya dalam berperan. Mulai dari target yang ingin dicapai, tujuan dari pekerjaan, hingga hal-hal yang ingin dilakukan. Menurutnya, ibu rumah tangga bisa memiliki kesempatan untuk menambah penghasilan dan membantu perekenomian keluarga dengan memberdayakan diri

“Jadi seharusnya kita bersyukur hari ini dengan semangat emansipasi, keterbukaan lapangan pekerjaan dengan ilmu yang bisa didapatkan bisa memberdayakan perempuan secara maksimal,” imbuh Maudy.

Oleh karenanya, ia selalu berusaha untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi orang lain. Contohnya melalui seni pertunjukan teater yang menonjolkan budaya Betawi, Maudy ingin memperkenalkan hal tersebut kepada generasi muda. Dengan demikian dia bisa menginspirasi untuk melestarikan kebudayaan.

“Hal seperti itu bisa memberikan energi yang bagus untuk saya. Selain itu, jangan lupa untuk bersyukur dengan apa yang kita miliki karena kebahagiaan bukan semata dari materi,” pungkas Maudy.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini