nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bayar Zakat dan Sedekah Online, Apa Untung Ruginya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 19:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 24 612 2047620 bayar-zakat-dan-sedekah-online-apa-untung-ruginya-wkgteatJcR.jpg Bayar Zakat dan Sekedah Online, Untung Ruginya? (Foto: Welivesecurity)

KITA pasti sudah cukup sering mendengar tentang revolusi industri digital 4.0, di mana kurang lebih mengartikan bahwasanya di era sekarang ini, memang masyarakat jadi semakin mudah akan mengakses arus informasi dan melakukan transaksi digital.

Bicara transaksi digital, sekarang siapa sih yang tidak memanfaatkan kemudahan berbelanja hanya dengan sentuhan klik di ponsel pintar atau layar komputer? Tinggal klik dengan menggunakan jari, voila! Barang belanjaan siap diantar hingga di depan pintu.

Well, kemudahan teknologi di era digital salah satunya dalam perihal transaksi ini ternyata bukan hanya soal transaksi belanja loh! Tahukah Anda, bahwa sekarang bahkan yang namanya transaksi zakat, infak, sedekah maupun wakaf (ziswaf) di mana zakat adalah rukun Islam nomor tiga dari lima rukun Islam ini, juga sudah bisa dilakukan di platform digital?

Baca Juga: Intip Gaya Hot Mom Jennifer Bachdim Pakai Bikini di Kolam Renang

Namun jika ditelisik lebih jauh apa sih manfaat dari sedekah digital ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka Okezone pun bertanya kepada Udhi Triakurniawan, selaku Ketua Program Ramadan 1440 H Dompet Dhuafa.

 Tinggal klik dengan menggunakan jari, voila! Barang belanjaan siap diantar hingga di depan pintu.

“Yang pasti pertama itu kemudahan transaksi dengan mudah. Tinggal klik, unduh, beri donasi, lalu konfirmasi. Efisiensi waktu dan tenaga, di sisi lain ini kan sifatnya transparan jadinya donatur itu bisa periksa atau cek sendiri,” ungkap Udhi saat ditemui Okezone, Rabu (24/4/2019) dalam acara siaran media “Jangan Takut Berzakat-Dompet Dhuafa”, di kawasan Jakarta Pusat.

Selain manfaat dari segi teknis, dalam kesempatan yang sama drg. Imam Rulyawan MARS., selaku Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi menambahkan dengan adanya platform donasi sedekah digital ini secara tidak langsung juga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersedekah, menerapkan konsep bahwa yang namanya berbuat baik itu semakin mudah caranya.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Buah Ini Bantu Cegah Diabetes Tipe 2

“Selain memberikan kemudahan masyarakat dalam menunaikan kebaikan di era digital. Ini juga jadi upaya untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama targetnya adalah generasi milenial untuk berbagi dengan transaksi zakat, infak, sedekah maupun wakaf (ziswaf), melalui lembaga zakat nasional yang terpercaya. Sehingga pengelolaannya dapat tepat sasaran dan terpantau melalui transparansi laporan lembaga tersebut,” imbuh drg. Imam Rulyawan MARS.

(mrt)

Berita Terkait

Tips Muslim

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini