nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suka Belanja Ini Itu Pakai Kartu Kredit? Perhatikan 4 Hal Ini Ya

Risna Nur Rahayu, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 09:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 25 196 2047789 suka-belanja-ini-itu-pakai-kartu-kredit-perhatian-4-hal-ini-ya-nB6cH8dzkD.png Foto: Citibank

BAGI banyak kalangan, memiliki kartu kredit adalah pilihan tepat karena melakukan pembayaran jadi lebih mudah dan cepat. Kartu kredit bisa dipakai untuk membayar berbagai hal, dari yang murah hingga mahal sekalipun. Di antaranya untuk membayar tagihan belanja online, membayar tiket nonton di bioskop, membayar kopi di kafe favorit, membayar iuran kelas yoga, membayar belanjaan rumah tangga di supermarket, dan juga membayar belanjaan di butik langganan.

Dilihat dari contoh-contoh di atas, kartu kredit memang terkesan sebagai kartu sakti yang tinggal gesek semua urusan bisa beres. Kendati begitu, ada 4 hal yang harus diperhatikan agar kepemilikan kartu kredit tidak malah menjadi beban penggunanya.

• Tetapkan budget agar tagihan tak jebol

Dengan menetapkan budget dalam menggunakan kartu kredit, kecil kemungkinan tagihan akan jebol. Jadi sebaiknya Anda memilah-milah mana yang harus dibeli dan mana yang tidak. Ini juga sebagai wujud disiplin dalam mengatur keuangan. Misalnya, setiap bulan Anda mempunyai gaji Rp15 juta, upayakan limit kartu kredit jauh di bawah itu. Bisa di angka Rp5-6 juta saja. Dengan begitu kamu masih punya uang untuk ditabung dan dipakai untuk kebutuhan lain yang tanpa perlu menggunakan kartu kredit.

• Hati-hati kejahatan siber (cyber crime)

Berbelanja online menggunakan kartu kredit sebaiknya tetap hati-hati, apalagi bila menggunakan wifi publik alias yang gratisan. Ini karena, jaringan wifi publik rentan disusupi oleh pelaku kejahatan siber (cyber crime) untuk mencuri data perbankan yang kamu gunakan. Untuk mempertegas, bahwa koneksi internet gratis tidak aman untuk digunakan untuk bertransaksi perbankan.

• Biasakan menggunakan PIN

Saat membayar barang yang dibeli sebaiknya lakukan pembayaran langsung di kasir atau menggunakan mesin EDC dan masukkan PIN kartu kredit. Dengan menggunakan PIN saat menggunakan kartu kredit, transaksinya jauh lebih ringkas dan pastinya jadi lebih aman dari penyalahgunaan. Alasan Bank Indonesia memberikan fasilitas nomor PIN yakni untuk menambah keamanan kartu kredit.

• Pilih kartu kredit yang tepat

Memilih kartu kredit juga bagian penting dalam menggunakan kartu kredit. Carilah kartu kredit yang tidak hanya memberi pinjaman tapi juga memberi keuntungan lain. Seperti promo atau Cash Back.

Kartu Kredit Citi Cash Back hadir memberi Unlimited Cash Back yang mudah didapat. Cash Back yang diberikan tanpa limit. Untuk memperoleh Cash Back, tidak ada minimum belanja yang harus dilakukan pengguna. Dan Cash Back yang sudah didapat bisa dikumpulkan dan ditukar kapan saja. Kemudahan - kemudahan seperti di atas tentunya akan menguntungkan pengguna kartu kredit. Tidak hanya membantu dari sisi pembayaran, tapi juga memberi keuntungan dengan Cash Back. Jadi tunggu apalagi, apply sekarang di www.citibank.co.id/applycashback!

(ris)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini