nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masturbasi Setiap Hari, 5 Bahaya Ini Siap Mengintai

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 23:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 25 485 2048122 masturbasi-setiap-hari-5-bahaya-ini-siap-mengintai-V0MZOyGL8I.jpg Masturbasi berlebihan (Foto: Medicalnewstoday)

BANYAK orang yang menganggap bahwa masturbasi termasuk dalam kategori penyimpangan seksual. Namun, tak sedikit pula orang yang mengklaim bahwa aktivitas seksual ini memberikan dampak positif pada kesehatan. Selain memuaskan dan menyenangkan, masturbasi juga dianggap sebagai praktik seks yang aman.

Namun menurut para ahli, jika masturbasi dilakukan secara terus menurus, atau bahkan setiap hari, hal tersebut justru akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Dampak negatif ini baru akan dirasakan jika aktivitas sehari-hari sudah mulai terganggu. Daripada penasaran, berikut Okezone rangkumkan ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Times of India, Kamis (25/4/2019).

 Baca Juga: Gaya Menawan si Cantik Nazanin Boniadi, Pemeran Zahra di Film Hotel Mumbai

Cedera ringan

Masturbasi yang berlebihan bahkan bisa melukai Anda. Meskipun cederanya cenderung ringan seperti pengelupasa kulit pada vagina dan penis, tapi dalam kasus tertentu bahkan dapat menyebabkan penyakit Peyronie, yang berarti penumpukan plak di batang penis karena terlalu banyak belaian atau gesekan. Jadi, jika Anda tidak ingin menyakiti diri sendiri, Anda harus membatasi frekuensinya.

Memicu stres

Tanpa disadari, masturbasi yang berlebihan juga dapat memengaruhi kehidupan sosial Anda. Jika terlalu sering dilakukan, Anda akan cenderung malas untuk bersosialisasi atau keluar rumah. Hal ini juga dapat berdampak negatif bagi kesehatan mental. Jika sudah demikian, segera berkonsultasi dengan para profesional untuk karena kebiasaan tersebut sudah tidak dalam perilaku seksual yang normal.

 

Memengaruhi kehidupan seks

Tidak diragukan lagi bahwa masturbasi membantu Anda tetap aktif secara seksual. Tetapi jika dilakukan secara berlebihan, hal itu justru dapat memengaruhi kehidupan seksual Anda. Kebiasaan membelai atau menggodok vagina dan penis ini secara tidak langsung akan mensugesti otak Anda untuk terus melakukan aktivitas seksual seorang diri. Alhasil, respons tubuh pun akan menurun ketika Anda berhubungan seksual dengan pasangan.

Infeksi

Jika Anda menggunakan mainan seks untuk masturbasi, Anda harus menjaganya tetap bersih untuk menghindari penyebaran bakteri penyakit yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, hindari mainan seks yang digunakan oleh banyak orang seperti pasangan atau teman. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi seksual.

 Baca Juga: Gaya Menawan si Cantik Nazanin Boniadi, Pemeran Zahra di Film Hotel Mumbai

Ketagihan

Tidak hanya masturbasi, tetapi semua jenis kecanduan dapat menyebabkan hilangnya kontrol pada otak, sehingga memicu timbulnya efek ketagihan. Mintalah bantuan profesional untuk mengekang rasa candu ini karena akan membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Sekali lagi, Anda harus mencari bantuan medis jika ini yang menjadi masalahnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini