nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kulkas Skincare Kekinian yang Lagi Ramai di Instagram

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 25 611 2047953 kulkas-skincare-kekinian-yang-lagi-ramai-di-instagram-Mce2dsEtTI.jpg Kulkas skincare (Foto: Ist)

KULKAS khusus alat kecantikan menjadi tren yang ramai dibicarakan di Instagram. Menurut para ahli, beberapa produk kecantikan akan bekerja lebih maksimal ketika disimpan di kulkas. Dalam beberapa bulan terakhir, cukup banyak beauty bloggers dan beauty influencer yang menyimpan produk kecantikan di sebuah kulkas khusus produk dan alat kecantikan.

Dengan tagar #skincarefridge di kolom pencarian Instagram, ditemukan lebih dari 2.000 unggahan yang seluruhnya adalah gambar kulkas khusus produk dan alat kecantikan.

Kebanyakan kulkas berwarna pastel dan beberapa dihiasi aksen atau stiker kartun yang mempermanis tampilan. Perusahaan asal New York, Cooluli, menciptakan kulkas mini yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan kosmetik hingga produk skincare .

 Baca Juga: Gaya Menawan si Cantik Nazanin Boniadi, Pemeran Zahra di Film Hotel Mumbai

Perusahaan ini menawarkan lima produk kulkas, yaitu Classic, Infinity, Coca-Cola, Concord, dan Vibe, dengan total sembilan desain kulkas mini yang berbeda. Kulkas yang kerap dipakai beauty influencer ini dibanderol seharga USD60 (Rp800.000).

Sementara itu, editor kecantikan paruh waktu dan make - up artist Madeleine Spencer mengatakan, jika sebuah produk kecantikan perlu disimpan di kulkas, hal itu akan dicantumkan pada kemasannya.

 produk kecantikan pada umumnya dianjurkan untuk disimpan pada lingkungan yang gelap dan sejuk

Menurutnya, produk kecantikan pada umumnya dianjurkan untuk disimpan pada lingkungan yang gelap dan sejuk. “Jangan simpan produk kecantikanmu di lingkungan yang terkena sinar matahari atau di bawah shower karena akan terekspos panas,” ujar Spencer, dilansir dailymail.co.uk.

Spencer menambahkan, penyimpanan yang tepat bertujuan menghindarkan produkproduk kecantikan dari kerusakan. Hal ini penting sehingga tidak memengaruhi kualitas bahan aktif yang terkandung di dalamnya.

“Secara umum, untuk menyimpan produk kosmetik adalah meletakkannya di tempat dengan suhu ruangan, tidak terkena matahari secara langsung,” ujar Spencer.

Menurut Direktur kosmetik klinis di RS Mount Sinai New York Dr Joshua Zeichner, meski bukan suatu barang yang wajib dimiliki, kulkas kecantikan dapat memperpanjang usia produk kosmetik dan skincare .

Tidak hanya itu, kondisi kosmetik yang dingin dapat memberikan pengaruh positif pada kulit, yaitu bisa meredakan kemerahan atau gatal. “Temperatur dingin dapat meredakan kulit dari gatal atau rasa tidak nyaman,” kata Zeichner.

Zeichner menambahkan bahwa produk berbasis gel atau masker menjadi produk skincare terbaik yang ditaruh di kulkas. Hal ini karena bisa meredakan wajah sembab atau kemerahan.

Seorang ahli dermatologi dari New York City, Debra Jaliman MD, yang juga penulis Skin Rules: Trade Secrets From a Top Dermatologist menjelaskan tentang jenis kosmetik apa saja yang perlu diletakkan dalam kulkas.

Produk kecantikan yang perlu disimpan dalam kulkas adalah produk yang mudah mengalami oksidasi, contohnya produk yang mengandung vitamin A dan C. Jaliman juga menyarankan untuk menyimpan masker di kulkas.

Menurutnya, masker disimpan di kulkas agar nantinya ketika dipakai akan memberikan efek menyegarkan. Produk-produk natural yang digunakan sesekali sebaiknya juga ditaruh di kulkas karena tidak mengandung pengawet kimia.

 

“Produk yang mengandung retinol serta krim, cat kuku, parfum, toner, mist, under-eye treatment juga bisa disimpan di kulkas,” ujar Jaliman. Tabir surya atau sun protection sering ditaruh di suhu ruangan. Padahal, cara ini justru akan mengurangi kualitasnya.

Sebaiknya simpan aneka sun protection di kulkas dan saat berada di suhu ruangan hindarkan dari paparan sinar matahari langsung. “Meletakkannya di tempat-tempat bersuhu hangat justru akan membuat tabir surya bekerja kurang optimal untuk melindungi kulit dari panas,” ujar Jaliman.

Baca Juga: Carina Linn, Perawat Seksi yang Doyan Foto Bikinian

Adapun produk-produk yang tidak perlu disimpan di kulkas dan cukup disimpan dalam suhu ruang saja adalah produk-produk dengan komposisi mineral oil seperti face oil, primer, dan foundation cair.

Temperatur dingin justru bisa mengubah konsistensi dari produk-produk ini dan membuatnya mengeras atau terlalu kental. “Misalnya, coconut oil yang cenderung memadat jika diletakkan pada temperatur rendah,” ujar Jaliman.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini