nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zahwa Rahmawati, Gadis Tuli Tekuni Profesi sebagai Pembatik

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 27 April 2019 09:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 26 194 2048616 zahwa-rahmawati-gadis-tuli-tekuni-profesi-sebagai-pembatik-TwK0Gg2TLV.jpeg Zahwa Rahmawati pembatik (Foto: Dok.Inakraft 2019)

SESEORANG dengan tunarungu bukan berarti tidak memiliki kreativitas dalam berkarya. Di dunia profesi, banyak keterlibatan tenaga dan pikiran mereka, termasuk halnya membatik.

Misalnya saja Zahwa Rahmawati, penyandang disabilitas tunarungu yang menekuni usaha membatik sejak setahun lalu. Tangan siswi kelas 1 SMP ini lihai menggoreskan canting ke lembaran kain putih, sesuai pola rangkaian bambu yang sudah dibentuk sebelumnya. 

Jari-jarinya sangat luwes mencelupkan cantimg ke lilin yang dipanaskan. Dia pun membatik di atas  kain putih dan bersih. Gadis asal Bekasi itu sudah hobi membatik sejak lama. Dia sangat nyaman menekuni profesinya itu dengan sepenuh hati. 

 BACA JUGA : Menggemari Janda, Banyak Cara Memikat Perhatiannya

Tak hanya di rumah, Zahwa juga sesekali bolak-balik melakukan aktivitas mencanting di Koperasi Kombas (Komunitas Batik), produsen asli batik Kota Bekasi.

 

"Batik hasil cantingan Zahwa ini sudah banyak dipakai di Bekasi  Pasarnya masih di sekitar Bekasi, tasudah banyak pesanan dari beberapa pihak," ujar Yati Rusmiati, ibu Zahwa di Rumah Kreatif BUMN (RKB) BNI di Inacraft 2019.

Meski belum sepopuler daerah batik lainnya, batik khas Bekasi ini memiliki corak yang khas, dengan warna cenderung cerah. Ada 12 pakem batik khas Kota Patriot tersebut. 

 

Beberapa motif yang cukup banyak peminatnya antara lain motif bambu, teratai, ikan, rumah adat, golok, hingga Gedung Juang. Pembuatan Batik Bekasi juga tak berbeda dengan daerah lain.

 "Zahwa ini kan ikut komunitas ada beberapa pembatik lainnya yang difabel. Kebetulan pemerintah sangat mendukung, respon pasarnya juga bagus. Sejauh ini cukup laris. Ada yang pesan sampai ribuan lembar," tambah Sri Sunarti, sang guru membatik Zahwa.

 BACA JUGA : Viral Penampakan Tuyul di Tol Cipali Gegerkan Dunia Maya

Menurutnya, sebelum mahir membatik seperti sekarang ini, Zahwa sempat menggeluti pelatihan membatik selama beberapa bulan. Dirinya membebaskan Zahwa membuat motif sesuai inisiatifnya sendiri. Beberapa motif anyar bisa dikreasikan Zahwa dari pakem-pakem motif batik khas Bekasi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini