nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangun Hubungan Sehat dan Langgeng, Ini 7 Cara Jitu Mewujudkannya

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 26 April 2019 02:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 26 196 2048160 bangun-hubungan-sehat-dan-langgeng-ini-7-cara-jitu-mewujudkannya-EXqmXT3zTD.jpg Membangun hubungan asmara yang sehat dan bahagia (Foto: Travis credit union)

MENYATUKAN dua kepala dalam sebuah hubungan bukanlah hal yang mudah. Bahkan pasangan yang sudah bersama dalam waktu hitungan tahun masih perlu menyesuaikan diri satu sama lain secara terus menerus. Meski begitu, jangan lupa untuk selalu menciptakan hubungan yang ‘sehat’ di antara pasangan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Hubungan yang sehat memiliki ciri-ciri berpikir positif terhadap pasangan, merasa bahagia saat bersama pasangan, dan saling mencintai satu sama lain. Tentunya untuk membangun hubungan yang sehat dibutuhkan usaha. Melansir Your Tango, Jumat (26/4/2019), inilah aturan atau hukum yang perlu diterapkan dalam menjalin hubungan agar tetap sehat :

 BACA JUGA : Kecanduan Masturbasi, Ini 7 Cara Ampuh Mengatasinya

1. Hukum ketertarikan

Masalah pasti datang menerpa dalam setiap hubungan. Namun, jangan sampai kita menyalahkan pasangan sepenuhnya terhadap masalah tersebut. Hal ini akan menimbulkan energi ketidakbahagiaan, frustrasi, dan ketidakpuasan ke dalam hubungan. Saat ada masalah, cobalah mengingat kembali hal-hal yang membuat jatuh cinta kepada pasangan. Cara ini dapat memunculkan kegembiraan dan harapan positif dalam hubungan.

 

2. Hukum mengizinkan

Mau menerima kekurangan dan kelebihan adalah salah satu alasan pasangan bisa bersatu. Namun seiring berjalannya waktu dimana hubungan yang terjalin sudah semakin erat, hal tersebut bisa jadi terlupakan. Masing-masing pihak bisa saja merasa berhak untuk menentukan pilihan pasangannya dan menentang hal-hal yang dianggap tidak baik. Padahal bisa jadi keinginan pasangan adalah sesuatu yang membuatnya berkembang menjadi lebih baik. Jadi, cobalah untuk memberikan izin jika pasangan ingin mencoba hal-hal baru dan memberikan masukan-masukan yang jauh lebih bisa diterima.

3. Hukum kecukupan dan kelimpahan

Masalah finansial seringkali menjadi pemicu pasangan berpisah. Hal ini memang tidak mengherankan mengingat sifat manusia adalah tidak pernah merasa puas dan cukup. Tapi sifat tersebut bisa diatasi apabila masing-masing pihak menghargai segala sesuatu yang telah dimiliki, tidak berfokus pada hal yang mungkin tidak bisa dirainh, dan mensyukuri semuanya. Jangan lupa untuk selalu melimpahi pasangan pujian atau penghargaan atas apa yang telah diraih. Cara ini dapat mendorong cinta tumbuh lebih dalam.

4. Hukum menciptakan secara sengaja

Pasangan bisa saling jatuh cinta dari hal-hal kecil. Namun saat hubungan sudah terbilang matang dan stabil, pasangan seringkali menganggap hal-hal kecil seperti memberikan kecupan, hadiah, makan malam romantis, dan lain sebagainya dianggap sudah tidak penting untuk dilakukan. Padahal itu adalah kesalahan krusial. Sebenarnya, terus-menerus menciptakan atau memberikan perhatian kecil pada pasangan dapat memperdalam rasa cinta dalam hubungan dan meningkatkan kualitas.

5. Hukum menyendiri

Seiring berjalannya waktu, dalam hubungan pasti timbul yang namanya ketergantungan. Akan tetapi, sebenarnya hal ini perlu dihindari oleh pasangan. Sebab masing-masing orang tetap harus menjalani hidup saat pasangannya tidak ada. Oleh karenanya, sesekali masing-masing pihak perlu yang melakukan namanya “me-time”. Waktu itu bisa dimanfaatkan untuk memperoleh kebahagiaan bagi diri sini dan belajar hidup tanpa pasangan.

 

6. Hukum menggali potensi

Aturan ini dapat mendukung pasangan membuka pikiran dan hati untuk melihat semua hal yang berpotensi meningkatkan kualitas hubungan. Dengan begitu, hubungan tidak terasa monoton. Cara yang bisa dilakukan adalah mengunjungi tempat baru, menonton berbagai jenis program, dan secara teratur berada dalam situasi baru. Cara-cara ini dapat membuat hubungan menjadi lebih menarik.

7. Hukum polaritas

Terakhir, ada hukum polaritas yang membantu pasangan memahami jika setiap orang memiliki dua sisi pada setiap situasi dan kehidupan yaitu sisi positif dan sisi negatif. Untuk menerapkan aturan ini, pasangan bisa menuliskan catatan atau jurnal kecil untuk membuat daftar aspek paling positif dari pasangan sehingga tidak selalu melihat sisi negatif darinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini