nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyajian Makanan Unik dan Ekstrem yang Greget, Nomor 5 Asli Indonesia

Dito Bagus Wibowo, Jurnalis · Jum'at 26 April 2019 19:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 26 298 2048456 penyajian-makanan-unik-dan-ekstrem-yang-greget-nomor-5-asli-indonesia-T4apsRsm0l.jpg Makanan Unik dan Ekstrem (Foto: Youtube)

MAKANAN restoran identik dengan gaya hidup mewah dan glamour. Selain itu harga yang ditawarkan untuk satu menu bisa berlipat-lipat dibanding harga warung pinggiran. Rasa dari makanan memang bisa diandalkan, tapi tak sedikit restoran yang memiliki rasa aneh dan tak enak.

Seiring perkembangan zaman, makan bukan lagi soal pemenuhan kebutuhan dan mempertahankan hidup. Kini, makan dikaitkan dengan kepuasan, seni, kelas sosial dan banyak aspek lain. Makan menjadi sesuatu yang jauh dari sekadar urusan pemenuhan kebutuhan fisik.

Pernahkah kamu melihat penyajian makan atau minum yang beda dari yang lainnya? dari memakai api hingga memakai arang yang menyala! Sebagaimana, Okezone mengkutip dari channel youtube The Shiny Peantu, Inilah Sajian makan terekstrim dan terunik, Jumat (26/4/2019).

 BACA JUGA : 10 Rekomendasi Tempat Makan Enak di Jakarta, Wajib Coba Nih!!!

Snack api

Hidangan khas bernama Paan ini berasal dari India. Biasanya, Paan disajikan sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Pencuci mulut ini terbuat dari rempah-rempah, daun sirih, cengkih, kacang pinang, kapur sirih, buah kering, dan gula.

Ketika bahan sudah lengkap, Paan akan dibakar dan langsung dikonsumsi ketika api masih menyala.Ternyata, Paan ini disajikan di kios-kios jalanan seluruh kota India meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mengkonsumsi makanan ini memiliki resiko salah satunya mulut terkena luka bakar.

Nagashi somen

Berasal dari Jepang, nagashi somen adalah makanan khas yang hanya dapat ditemui ketika musim panas. Cara makannya harus mahir dalam memakai sumpit dengan penyajian hidangan ini sangat unik, pengunjung harus menangkap mie somen yang dialirkan dengan air di sebuah bambu.

Setelah ditangkap, mie kemudian dicelupkan di saus shoyu dan siap disantap. Hal ini yang membuat makanan tersebut dinamakan nagashi somen, yang diambil dari kata nagashi yang berarti mengalir, dan somen, mie tipis yang terbuat dari tepung. Makanan ini hanya dapat ditemukan pada saat musim panas saja.

 

Es krim nitrogen

 

Siapa yang sudah pernah coba es krim nitrogen ini? Nitrogen cair adalah sebuah senyawa kimia yang memiliki titik didih rendah di suhu -196 derajat celcius. Hal ini membuat nitrogen cair aman untuk dikonsumsi ketika sudah menguap.

Disajikan dengan es krim, hidangan ini akan memberikan sensasi efek asap di mulut ketika dikonsumsi.

Kembang gula balon tiup

Moleccular gastronomy merupakan sebuah teknik penyajian makanan dengan penampilan unik yang tidak sesuai dengan makanan sebenarnya. Di Indonesia, sudah ada salah satu restoran yang mengangkat teknik ini.

Salah satu restoran yang menerapkan konsep ini adalah Namaaz Dining, sekaligus restoran molecular gastronomy pertama di Indonesia. Restoran ini menyediakan 17 menu hidangan yang dimasak dengan teknik Moleccular gastronomy selama 2-3 jam.

Nimaaz dining tentunya punya keunikan di tiap-tiap hidangannya. Salah satunya yaitu cara makan menu penutup yang dinamakan balonku ada lima ini harus ditiup oleh pelanggannya sendiri. Disini pelanggan meniup kembang gula berwarna hijau lalu, dihancurkan hingga menjadi bubuk rempah halus dan di letakkan di atas hidangan balon berwarna merah, biru dan kuning yang memiliki rasa yang berbeda.

 BACA JUGA : Bayi-Bayi Ini Viral karena Diberi Nama Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi

Kopi joss

 

Kopi yang satu ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Kopi Joss merupakan segelas kopi hitam yang disajikan dengan arang menyala. Dikenal lewat penyajiannya yang nggak biasa dan cukup ekstrim, Kopi Joss pun menjadi salah satu minuman khas dari Yogyakarta.

Meski terlihat ekstrim, dipercaya arang yang dicampurkan dapat memberikan kenikmatan lebih dan aroma dan rasa yang manis, serta berkhasiat untuk menetralkan asam di dalam lambung.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini