nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perempuan Indonesia Paling Rentan Keputihan, Apa Penyebabnya?

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 26 April 2019 03:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 26 485 2048161 perempuan-indonesia-paling-rentan-keputihan-apa-penyebabnya-v56TLmhZ3X.jpg PErempuan Indonesia rentan keputihan (Foto: Sheknows)

KEBERSIHAN area kewanitaan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh perempuan di Indonesia. Apabila tidak dirawat dengan baik, daerah sensitif tersebut dapat memicu berbagai masalah kesehatan reproduksi, di antaranya keputihan, iritasi dan infeksi saluran kemih (ISK). Bahkan, sebuah data mengungkapkan bahwa 75% perempuan di Indonesia pernah mengalami keputihan minimal sekali dalam hidupnya.

Data lain juga mengungkapkan bahwa 50- 60% perempuan di dunia pernah terinfeksi ISK, dan 80% dari mereka mempunyai kemungkinan untuk terpapar ISK kembali. Kejadian ISK pada perempuan lebih banyak ditemukan daripada laki-laki, mengingat kecenderungan anatomi reproduksi perempuan yang terletak di bagian dalam.

 BACA JUGA : Kecanduan Masturbasi, Ini 7 Cara Ampuh Mengatasinya

Ditemui dalam peluncuran Andalan Feminine Care Intimate Wash, Aesthetic Gynaecologist Dinda Derdameisya mengungkapkan bahwa “semua momen” dapat menjadi aspek yang memengaruhi kesehatan pada area kewanitaan,” katanya.

Momen tersebut di antaranya faktor internal seperti ketidakseimbangan hormon, pubertas, saat menstruasi, hingga kondisi seperti kehamilan, melahirkan, bahkan menopause.

Faktor eksternal karena gaya hidup yang tidak sehat, serta kebiasaan malas mengganti underwear saat tubuh berkeringat. Faktor lingkungan juga cukup berpengaruh karena kondisi cuaca yang panas serta lembap. Menjaga area kewanitaan memang bukanlah hal mudah.

Cara yang digunakan salah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan reproduksi. Keputihan, misalnya, merupakan salah satu gejala adanya masalah dalam organ reproduksi perempuan.

“Keputihan yang tidak segera ditangani dengan baik, juga berisiko mengakibatkan berbagai masalah sampai dengan infeksi menular seksual,” lanjut Dinda.

Untuk menjaga kebersihan area kewanitaan dengan benar, langkah yang bisa dilakukan di antaranya selalu membasuh area kewanitaan menggunakan air bersih, rajin mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari dan pada saat area kewanitaan sedang lembap. Memilih bahan pakaian dalam yang memiliki sirkulasi udara baik dan tidak menimbulkan iritasi juga penting.

 BACA JUGA : Tak Perlu Takut, Perempuan Bisa Dapatkan 8 Manfaat Ini saat Masturbasi

Menggunakan produk pembersih miss V yang tepat dengan kandungan prebiotics dan bahan alami serta memiliki pH balance berkisar antara 3.5-4.9 akan membuat aman dan mampu memberikan manfaat bagi kesehatan area kewanitaan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini