nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Sih Zumba Jadi Olahraga yang Milenial Banget?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 29 April 2019 05:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 28 481 2049144 kenapa-sih-zumba-jadi-olahraga-yang-milenial-banget-kQBJU2mKvj.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TAK bisa dipungkiri, sekarang ini era generasi gadget, yang seakan tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Jika tidak memakai gadget sebentar, maka orang akan merasa khawatir dan gelisah.

Memang tidak semua orang bersikap demikian, tapi sadarkah Anda kalau anak-anak sudah mampu mengoperasikan ponsel pintar. Itu membuat mereka banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan tak banyak bicara. Kalau sudah begini, siapa yang salah?

Sebab, teknologi tidak bisa dihentikan dan Anda tak bisa menolak ponsel pintar dalam era modern seperti ini. Karena itu, peran orangtua dalam membatasi anak pada ponsel menjadi sangat penting.

Baca Juga: Viral Ayam Goreng Kopong, Netizen: Hanya Orang Beriman yang Bisa Lihat Dagingnya


Jika Anda terlalu membebaskan si anak dengan gadget, maka risiko negatif akan dirasakan generasi penerus bangsa tersebut. Terlepas dari pengaruh ponsel pintar, masalah kebanyakan duduk juga menjadi perhatian banyak orang sekarang.

Aktivitas manusia sekarang banyak dilakukan dengan duduk. Pesan makanan lewat layanan online, bekerja full time di kantor duduk, pun bepergian di kendaraan pun banyak dilakukan dengan duduk lama.

Tahukah Anda kalau kebanyakan duduk atau tak terlalu banyak bergerak berisiko pada masalah serius? Seperti dilansir Okezone dari Healthline, tidak aktifnya tubuh setiap hari akan meningkatkan risiko masalah kesehatan mulai dari obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan tekanan darah tinggi hingga kecemasan, kanker, dan otot yang mengalami atrofi.

Bahkan orang yang berolahraga secara teratur dapat menyabotase metabolisme mereka jika mereka juga diam untuk jangka waktu yang lama, kata Ken Smith, sarjana peneliti senior di Stanford Center on Longevity di California.

Baca Juga: Hukum Menikahi Janda dalam Islam, Benarkah Datangkan Banyak Rezeki?

Nah, salah satu upaya untuk tetap bergerak adalah dengan melakukan olahraga yang ringan dan menyenangkan. Meski begitu, olahraga tersebut tetap memberi dampak baik bagi kesehatan tubuh Anda, rekomendasi olahraga tersebut seperti Zumba.

Pelatih Zumba Cantika Felder menyebut, olahraga ini menggunakan musik Rock dan lagu 90-an, yang tentunya bisa bikin pesertanya itu bukan hanya olahraga, tapi juga nyanyi bareng.

"Saya sadar kalau masyarakat sekarang susah bergerak dan dengan zumba ini, pasti mereka mau ikut bergerak karena fun banget ngelakuinnya," paparnya.

Cantika menjelaskan, olahraga yang satu ini cocok sekali dengan generasi milenial yang kebanyakan dari mereka "mager-an". Jadi, dengan melakukan Colorful Rock Zumba, mereka yang malas sekali bergerak, jadi mau berkeringat tentunya dengan cara yang menyenangkan.

Hal menarik dari zumba ini selain musiknya yang khas ialah penggunaan atribut seperti glow stick dan juga permainan cahaya yang bikin peserta zumba-nya mau ikut berpartisipasi, seperti yang dilakukan di Guardian G-Fest Healthy Beauty Festival 2019.

"Cara seperti ini bikin generasi milenial jadi semangat buat berolahraga. Dalam zumba ini fokusnya adalah fun, makanya gerakan yang diberikan adalah dance. Meski begitu, kalori yang dibakar banyak dan tentunya ini jadi alasan lain juga orang mau berolahraga, pengin membentuk tubuh jadi lebih baik," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini