nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fans Avengers Pukul Orang karena Dengar Spoiler, Ini Kata Psikolog

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 29 April 2019 16:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 29 196 2049407 fans-avengers-pukul-orang-karena-dengar-spoiler-ini-kata-psikolog-bZCFLwCUXY.jpeg Ilustrasi (Foto: Comic Book Movie)

Euforia masyarakat untuk menonton film Avengers : Endgame masih sangat tinggi hingga hari ini. Terbukti dari banyaknya layar yang disediakan untuk menayangkan film tersebut. Bahkan ada bioskop yang sengaja buka 24 jam karena melihat antusias yang tinggi dari masyarakat.

Ya, memang masih banyak masyarakat yang belum menonton. Alasannya pun bermacam-macam. Mulai dari kehabisan tiket hingga padatnya aktivitas sehingga membuat mereka belum sempat atau tidak memiliki waktu untuk menonton.

Banyak dari mereka yang sangat menantikan film tersebut tapi belum sempat menonton berharap tidak mendapatkan spoiler atau bocoran. Sebab hal itu dianggap dapat mengurangi sensasi menonton. Maka tak heran jika ada yang marah saat mengetahui orang lain spoiler tentang film tersebut. Bahkan sampai ada yang menekat memukul orang yang membocorkan jalan cerita film Avengers : Endgame.

Menurut psikolog klinis dewasa Arrundina Puspita Dewi, M.Psi, perilaku tersebut merupakan reaksi marah yang berlebihan. Mereka bisa bertingkah seperti itu lantaran menganggap film tersebut sesuatu yang berharga. Dengan begitu saat ada orang lain yang memberikan spoiler maka mereka menjadi marah.

"Kalau sesuatu yang berharga buat dia tapi tidak dihargai orang lain, maka dia bisa jadi marah. Reaksi marahnya bisa dengan menyakiti org lain supaya mereka tahu kalau ada hal berharga yang direnggut dari mereka, yaitu jalan cerita film," terang Arrundina saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat, Senin (29/4/2019).

avenger

Reaksi tersebut tidak dibenarkan oleh Arrundina. Seharusnya orang yang mendengar spoiler menegur orang yang memberikan bocoran jalan cerita secara baik-baik. Tujuannya agar saling menghargai hal-hal yang dianggap penting oleh orang lain.

"Ingat, reaksi marah yang berlebihan malah tidak baik karena bersifat merusak dan merugikan diri sendiri juga," imbuh Arrundina.

Selain itu, masih ada cara yang bisa dilakukan guna menghindari spoiler dari orang lain. Mulai dari mengendalikan diri sendiri dengan tidak membuka media sosial atau menghindari percakapan yang berkaitan dengan film tersebut. Sebab, mau tidak mau, suka tidak suka, pasti akan ada beberapa orang yang iseng atau mencari kesempatan untuk menampilkan diri dengan membocorkan jalan cerita film.

"Perilaku semacam itu engga sepenuhnya bisa kita kontrol," pungkas Arrundina.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini