nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Koh Liem sang Legenda Kuliner Asem-Asem Daging Sapi Tutup Usia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 29 April 2019 08:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 29 298 2049209 koh-liem-sang-legenda-kuliner-asem-asem-daging-sapi-tutup-usia-VVns814gET.jpg Asem-Asem Daging Sapi Koh Liem, Semarang (Foto: Yohanes Bara)

JIKA pergi ke Semarang, maka Anda akan menemukan sebuah kuliner legendaris yang biasa disebut dengan asem-asem daging sapi. Kabarnya kuliner legendaris ini sudah hadir lebih dari 40 tahun dan memiliki penggemar tersendiri.

Warung makan berada di Jl. Karanganyaer tepat di depan SMA Kolase Loyola Semarang. Dulu ketika baru memulai usahanya, tempat makan ini masih menyerupai warung nasi sederhana. Seiring berjalannya waktu, tempat makan menarik ini berubah nama menjadi Rumah Makan Asem-asem Daging Sapi Koh Liem.

Sesuai dengan namanya, Koh Liem lah yang menjadi pelopor asem-asem daging sapi. Lebih dari empat dekade ia terus mempertahankan bumbu dan dan bahan utama untuk membuat kuliner andalannya tersebut.

Selintas asem-asem daging sapi Koh Liem berbentuk menyerupai tongseng. Terdiri dari daging sapi beserta gajihnya yang dimasak bersama bawang putih dan bawang merah. Ditambah lagi dengan potongan cabai rawit, tomat muda dan kecap manis untuk memperkaya rasa.

Baca juga :

Kuliner ini memiliki citarasa asam, manis serta gurih dari beberapa rempah yang dimasukkan ke dalamnya. Keunggulan lainnya adalah Koh Liem mampu membuat daging sapi ini empuk dengan aroma yang menggugah selera.

Jika Anda kurang suka dengan makanan berkuah, tak perlu khawatir. Pasalnya terdapat aneka lauk lainnya yang siap memanjakan lidah Anda. Seperti kodok goreng, sarden bandeng, udang goreng mentega dan aneka tumis-tumisan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Koh Liem yang telah lanjut usia mewariskan usaha ini kepada anak-anakanya. Meski demikian, ia tidak tinggal diam, Koh Liem masih tetap memantau pekerjaan para pegawainya agar tetap mempertahankan citarasa dari asem asem daging sapi yang berhasil diciptakannya.

Meski demikian, Tuhan memiliki berkehendak lain. Koh Liem yang kini berusia 83 tahun mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu 28 April 2019 di Semarang, Jawa Tengah. Pria bernama lengkap Piek Swie Liem ini disemayamkan di Rumah Duka Panti Wilasa, Semarang.

Jenazah kabarnya akan dikremasi pada Kamis 2 Mei 2019. Selama masa berduka Rumah Makan Asem-asem Daging Sapi Koh Liem bakal tutup mulai Senin, 29 April 2019 hingga Sabtu, 4 Mei 2019.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini