nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Diabetes Bisa Menular ke Penyakit Jantung!

krjogja.com, Jurnalis · Senin 29 April 2019 15:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 29 481 2049382 awas-diabetes-bisa-menular-ke-penyakit-jantung-LaXBx1aSzq.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

Dalam dunia medis penyakit diabetes dikenal dengan dua tipe. Untuk tipe pertama yaitu sejak dari lahir seseorang itu sudah terkena diabetes. Sedangkan untuk tipe kedua, disebabkan faktor tertentu, misalnya obesitas dan hiper kolestrol.

“Bagi yang terkena diabetes akan lebih baik dikendalikan. Caranya, minum obat secara teratur, melakukan aktivitas olahraga, kepatuhan minum obat dan harus kontrol,” ujar dr Fitrizha Rachmadea (Dea) selaku narasumber dalam acara talkshow sehat yang digelar Apotek Unisia 24 Tamansari, Yogyakarta, Sabtu (27/4/2019).

Lebih lanjut Dea mengatakan, bagi masyarakat yang terkena penyakit diabetes bisa menyebabkan dan menular pada penyakit lainnya seperti penyakit jantung dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk menghidari seseorang agar tidak terkena penyakit diabetes, harus memperhatikan beberapa hal, di antaranya pola makan, jam makan, jenis yang dimakan, minum dan perbanyak kegiatan olahraga. “Untuk aktivitas olahraga minimal tiga kali dalam seminggu selama 30 menit,” ungkap dr Fitrizha Rachmadea.

Cek gula darah

Dalam talkshow yang dihadiri mayoritas peserta lanjut usia itu, dokter muda yang sehari-hari buka praktik di Apotek Unisia UII Jalan Kaliurang Sleman tersebut mampu menjawab berbagai pertanyaan dan keluhan yang diajukan para peserta. Selain pertanyaan seputar diabetes, peserta juga menanyakan keluhan tentang nyeri-nyeri di sekitar dengkul, tangan, pinggang dan jenis penyakit lainnya.

Menurut Dea, gejala-gejala masyarakat terkena diabetes, meliputi tiga jenis yakni poli pagi (banyak makan), poli uri (banyak pipis) dan poli dipsi (banyak minum). “Namun demikian seseorang itu belum bisa dikatakan diabetes, sebelum dichek gula darahnya,” ungkapnya.

Para peserta talkshow sehat berkesempatan pula melakukan chek gula darah oleh karyawan Apotek Unisia 24 Tamansari Yogya yang diawasi langsung dr Fitrizha Rachmadea. Event ini terselenggara Apotek Unisia 24 Tamansari kerja sama dengan Kalbe Farma . Para peserta dengan membayar biaya talkshow sebesar Rp 15 ribu mendapat snack dan voucher produk Kalbe

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini