nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intimate Wedding Jadi Tren Pernikahan yang Mulai Diburu Generasi Milenial

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 30 April 2019 20:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 30 194 2050005 intimate-wedding-jadi-tren-pernikahan-yang-mulai-diburu-generasi-milenial-gD1UBlbfXy.jpg Intimate Wedding jadi tren pernikahan yang mulai diburu milenial (Foto: Stylishwedding)

Pernikahan merupakan salah satu momen sakral dalam kehidupan manusia. Tak heran bila banyak orang yang rela merogoh kocek cukup dalam demi mengadakan pesta pernikahan yang meriah, menyenangkan, dan berkesan.

Namun dengan seiring berkembangnya zaman, tren pernikahan di Indonesia pun mulai mengalami sedikit pergeseran. Jika dulu banyak pasangan yang mengusung konsep massive wedding (mengundanf banyak orang), belakangan konsep tersebut sudah mulai dilupakan.

Hal ini dijelaskan secara gamblang oleh, Juzzon Yusuf, Founder Juzzon Productions. Menurutnya, saat ini masyarakat lebih mengedepankan pernikahan berkonsep intimate wedding.

“Semakin hari jarang banget yang mengusung konsep massive wedding. Sekadang lebih banyak inquiry yang intimate wedding. Jadi mereka hanya mengundang tamu sekitar 300 orang, paling mentok 500 orang,” terang Juzzon Yusuf, dalam konferensi pers The Secret Garden 2019, di The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2019).

wedding

Pergeseran tren ini ternyata tidak terlepas dari perubahan inspirasi di kalangan generasi milenial. Juzzon mengatakan, sekarang sudah banyak pasangan milenial yang memilih konsep pernikahan ala western, karena dinilai lebih minimalis, sederhana, namun tetap berkesan.

Sementara untuk dekorasinya sendiri, desain-desain berat, ramai, dan rimbun juga sudah mulai ditinggalkan. Sekarang banyak pasangan yang lebih mengedepankan permainan detail, meski ornamen-ornamen yang mereka gunakan cenderung sederhana atau tidak meriah.

“Sekarang itu lebih simple, lebih clean, lebih banyak bermain di detai. Ornamen-ornamen yang tadinya dianggap tidak biasa (common) mulai digunakan. Jadi tidak hanya sekadar bunga-bunga saja, ada yang mulai menggunakan kain-kain tradisional,” ungkap Juzzon.

Penggunaan kain di sini tidak hanya mempercantik tampilan ruangan pernikahan saat di foto, tetapi juga menciptakan nuansa yang lebih akrab dan nyaman.

“Tren seperti ini datang dari Thailand, sering disebut dengan istilah Kaidan Design. Dalam praktiknya, semakin kesini semakin banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia. Ciri khasnya tetap ada bunga dan dedaunan, tapi tidak terlalu heavy,” jelas Juzzon.

“Kemudian ada penggunaan bahan-bahan lain yang tidak biasa, seperti tanaman yang bentuknya menyerupai padi. Dulu kita tidak sadar kenapa tanaman ini bisa digunakan. Tapi sekarang, harganya itu mahal juga loh, dan sudah jadi tren,” timpalnya.

Nah, bagi Anda yang berencana melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat ini, The Ritz-Carlon Jakarta kembali menggelar The Secret Garden 2019 yang akan diselenggarakan pada 11 - 12 Mei mendatang. Acara ini akan menghadirkan konsep unik yakni, “Labyrinth of Love” dengan segudang promo menarik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini