nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan May Day dengan Mayday

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 01 Mei 2019 10:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 01 612 2050152 jangan-sampai-tertukar-ini-perbedaan-may-day-dengan-mayday-qFbZ07JsSE.jpg Setiap 1 Mei diperingati sebagai May Day (Foto: CPSU)

Setiap tanggal 1 Mei, masyarakat dunia memperingati Hari Buruh atau juga dikenal dengan sebutan May Day. Namun sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui perbedaan kata 'May Day' dan 'Mayday'. Padahal dua kata ini memiliki arti yang berbeda.

Untuk menilik lebih lanjut tentang asal usul kata-kata tersebut. Ada baiknya kita membahas terlebih dahulu sejarah singkat Hari Buruh.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Rabu (1/5/2019), Hari Buruh berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

Kala itu terjadi berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat.

Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja ditingkatkan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers.

Pemogokan ini membawa para pengorganisirnya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.

Perjuangan dan aksi-aksi yang mereka lakukan pun akhirnya membuahkan hasil. Satu Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan kelas pekerja dunia pada Konggres 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions.

May Day

Selain memberikan tuntutan delapan jam sehari, momen ini juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.

Tanggal 1 Mei dipilih karena terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada pada 1872 yang menuntut delapan jam kerja. Sementara Amerika Serikat sendiri baru memberlakukan kebijakan ini pada di 1 Mei 1886.

Namun dalam perkembangannya, masih banyak orang yang belum terlalu paham perbedaan antara 'May Day' dan 'Mayday'. Jika sebelumnya telah dijelaskan secara singkat, asal usul kata 'May Day' yang merupakan istilah internasional untuk Hari Buruh, berikut penjelasan tentang asal usul kata 'Mayday' yang umumnya digunakan oleh para pilot dan awak kabin.

Istilah ini biasanya digunakan para pilot dan awak kabin untuk menggambarkan situasi darurat yang tengah mereka alami.

Mayday merupakan kata khusus yang sering digunakan untuk menandakan marabahaya dalam komunikasi radio para marinir dan penerbangan di seluruh dunia. Jika kapal atau pesawat menghadapi situasi yang dapat mengancam para awak dan penumpang, operator radio akan menyiarkan sinyal Mayday untuk meminta bantua.

Penggunaan kata “Mayday” dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi sehingga proses evakuasi pun bisa dilakukan dengan lancar dan cepat. Namun tahukah Anda, istilah Mayday sebetulnya bukan diadopsi dari Bahasa Inggris yang selama ini kita bayangkan.

Pada awalnya, banyak orang yang berasumsi bahwa kata Mayday berkaitan dengan hari tertentu di bulan Mei. Namun ternyata, kata ini berasal dari pendekatan bahasa Inggris dari frasa Prancis “m’aidez” atau “m’aider”. Secara harfiah berarti “tolonglah saya”.

Menurut sejarah, kata tersebut pertama kali diperkenalkan oleh seorang perwira radio senior di Bandara Croydon, London, yakni Frederick Stanley Mockford. Pada tahun 1923, ia diminta untuk merancang kata yang tepat dan mudah dipahami oleh semua pilot dan staf pendukung di bandara, ketika tengah mengalami situasi darurat.

Mengingat banyaknya lalu lintas udara pada saa itu antara bandara Croydon dan Le Bourget di Paris, ia mengusulkan kata “m’aider” yang sebenarnya adalah versi singkat dari “venez m’aider”.

Istilah tersebut diterima dengan baik oleh pihak penerbangan, kemudian diadopsi sebagai panggilan suara standar penganti sinyal SOS (sinyal kode morse internasional)yang sebelumnya digunakan oleh International Radiotelegraph Convention of Washington pada 1927. Hari ini, istilah ‘Mayday’ telah menjadi kata yang identik dengan situasi bahaya atau mengancam jiwa.

Bagaimana Okezoners, setelah membaca artikel di atas, sekarang Anda tentu sudah bisa membedakan istilah 'May Day' dan 'Mayday'. Sederhananya, untuk momen Hari Buruh, kata May dan Day-nya terpisah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini