nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Fakta Hari Buruh yang Perlu Kamu Ketahui

Amanda Rahmadianti Syafira, Jurnalis · Rabu 01 Mei 2019 13:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 01 612 2050189 10-fakta-hari-buruh-yang-perlu-kamu-ketahui-xhdZQuv607.jpg Fakta menarik tentang Hari Buruh (Foto: Okezone)

May Day atau Hari Buruh merupakan hari libur umum tahunan di banyak negara. Hari Buruh berawal pada gerakan serikat buruh di Amerika Serikat pada abad ke-19 ketika para industrialis biasa mengeksploitasi buruh dan membuat mereka bekerja hingga 15 jam sehari. Para pekerja akhirnya bangkit melawan eksploitasi ini dan menuntut upah yang layak, dan istirahat untuk tenaga kerja.

Gerakan buruh delapan jam sehari menganjurkan delapan jam untuk bekerja, delapan jam untuk rekreasi, dan delapan jam untuk istirahat. Sekarang,  Hari Buruh dirayakan untuk menghormati kerja keras para buruh di seluruh dunia dan merayakan pencapaian mereka.

Sementara itu, dilansir dari Forbes, Rabu (1/5/2019). terdapat 10 fakta menarik tentang Hari Buruh seperti berikut : 

1. Hari Buruh pertama terjadi di Kanada pada tahun 1872 di Toronto tetapi dengan cepat bergerak ke selatan sehingga sampai ke Amerika Serikat. Awalnya, ini dimulai sebagai demonstrasi signifikan yang menuntut hak-hak pekerja.

2. Hari Buruh di Amerika Serikat yang pertama dirayakan pada hari Selasa, 5 September 1882, di New York City, yang direncanakan oleh Central Labour Union. Pawai Hari Buruh yang dihadiri sekitar 10.000 pekerja mengambil cuti dan berbaris dari Balai Kota melewati Union Square, dan berakhir di Wendel's Elm Park yaitu tempat untuk konser, pidato, dan piknik.

3. Oregon adalah negara bagian pertama yang menjadikan Hari Buruh sebagai hari libur dan hari libur itu dibuat pertama kali pada tahun 1887.

4. Pada tanggal 28 Juni 1894, Kongres meloloskan sebuah peraturan yang menjadikan hari Senin pertama pada bulan September setiap tahun sebagai hari libur resmi di Distrik Columbia.

5. Apa yang kita rayakan? Kontribusi dan pencapaian dari seratus lima puluh lima juta pria dan wanita yang berada di angkatan kerja Amerika Serikat.

6. Pada akhir 1800-an, rata-rata orang Amerika bekerja 12 jam sehari dan tujuh hari seminggu untuk mendapatkan kehidupan layak. Anak-anak yang berumur 5 sampai 6 tahun bekerja di pabrik dan tambang.

7. Tahun di mana hari 8 jam didirikan dengan kuat adalah tahun 1916. Ini adalah undang-undang federal pertama yang mengatur jam kerja di perusahaan swasta.

8. Secara tradisional orang tidak memakai pakaian putih setelah Hari Buruh karena secara tidak resmi menandai akhir musim panas.

9. Musim sepak bola dimulai sekitar Hari Buruh dan banyak tim memainkan permainan pertama mereka selama setahun ke depan pada akhir pekan terjadinya Hari Buruh.

10. Hari Kerja dipandang sebagai hari libur resmi terakhir sebelum dimulainya tahun ajaran baru, dan dinyatakan sebagai tanda masuknya anak kembali ke Sekolah

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini