nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Desainer Kebaya Legendaris Indonesia Anne Avantie: Saya Hanya Lulus SMP

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 17:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 02 194 2050645 kisah-desainer-kebaya-legendaris-indonesia-anne-avantie-saya-hanya-lulus-smp-2V77NDf8Jv.jpg Anne Avantie (Foto: Sukardi/Okezone)

MENGUTIP dari salah satu pernyataan RA Kartini di mana langit tak selamanya biru, Anne Avantie pun coba menjelaskan dirinya seperti itu. Jangan pernah melihat sosok Anne Avantie sekarang, tapi lihatlah ke belakang. Sejarah masa lalunya patut dijadikan inspirasi semua orang.

Ya, perempuan luar biasa ini bukan makhluk sempurna. Mungkin Anda mengira hidup desainer kebaya yang biasa disapa Bunda Anne ini selalu bahagia dan penuh dengan rezeki. Faktanya tidak demikian. Bunda Anne mengaku pernah ada di titik nol kehidupan dan hanya ibu satu-satu harta paling berharganya.

Momen ini muncul ketika dia tahu kalau ibunya, Amie Indriati, yang dia panggil "Mami" didiagnosa kanker stadium 3B. Di sisi lain, sang ayah telah meninggal dunia. Sebagai anak tunggal, dia harus melakukan segala cara untuk menjaga harta terbaik dari Tuhan tersebut.

 

Alhasil, menurut penuturan Anne Avantie di momen Fashion Experience BNI Emerald di INACRAFT 2019, dia mesti menjual semua hartanya hanya untuk pengobatan mami di Singapura.

 Baca Juga: Gaya Sporty Sri Wahyumi Manalip, Bupati Talaud yang Kena OTT KPK

"Ini momen nol aku dan mami dengan jiwa positif selalu nguatin aku. Aku lihat mami juga menerima kondisinya bahkan dia tetap menebarkan aura positif ke orang lain," paparnya saat ditemui baru-baru ini.

Sebelum momen ini terjadi, Bunda Anne sudah menerima kenyataan hidup yang cukup pahit. Mami memintanya untuk putus sekolah. Tak ada uang jadi alasannya, karena ayahanda sudah kembali ke pangkuan sang Ilahi. Di momen ini, Mami mengatakan satu hal yang kemudian diingat terus Bunda Anne.

 

"Mami minta aku putus sekolah. Tapi, setelah itu Mami bilang, 'jangan pernah khawatir, karena talenta adalah kekayaan terbesar setiap manusia dan itu tidak akan pernah dicuri siapa pun. Pertahankan itu'," ceritanya, lantas air mata menetes tak terbendung lagi.

 Baca Juga: Erin Heatherton, Mantan Pacar Leonardo DiCaprio yang Kini Jatuh Miskin Terlilit Utang

Tepuk tangan riuh mengisi seluruh ruangan Merak JCC Jakarta. Bunda Anne lantas menghampiri Mami yang kala itu hadir di acaranya. Pelukan hangat itu tercurah penuh haru. Cukup lama dia dalam dekapan. Kemudian Bunda Anne melepas pelukan dan menatap wajah Mami penuh bangga.

"Mami adalah ciptaan Tuhan yang sangat spesial. Dia adalah harta saya yang paling berharga," katanya sembari kembali ke atas panggung.

Bunda Anne menjelaskan, dia dibesarkan murni dari bakat Mami 100 persen. Mami adalah sosok preman perempuan baginya. Mami tak pernah mengeluh dan selalu bisa mengerjakan apapun itu, memperbaiki genteng, memeriksa ledeng, membersihkan selokan. Semua bisa. Itu juga yang membuat Bunda Anne semakin bangga dengan perempuan berusia 74 tahun tersebut.

Mukjizat itu nyata

Bersama Mami, Bunda Anne Avantie berlayar mengarungi lautan kehidupan. Susah senang mereka rasakan bersama. Termasuk momen di mana Mami didiagnosa kanker dan Bunda Anne mesti terseok-seok menjalani kehidupan.

Namun, dia percaya kalau Tuhan tak pernah melupakan umatnya. Di momen itu, Bunda Anne menceritakan kalau dirinya berdoa pada Tuhan.

 

"Tuhan, saya ingin berhasi di tangan ibu saya supaya saya bisa jadi inspirasi untuk perempuan jangan pernah menyerah," pintanya.

Mami berjuang dengan penyakitnya, Bunda Anne terus berupaya yang terbaik agar Mami selalu mendapatkan pengobatan yang terbaik. Ini terus dia lakukan hingga Mami membaik kondisinya.

Namun, penderitaan Bunda Anne belum berhenti sampai di situ. Pada momen 1998, tempat kerjanya di Solo diamuk massa. Luluh lantah tak bersisa. Usaha mereka dari nol kembali dari nol. Tapi Bunda Anne mengaku bangkit. Sebab, dia ingat betul ucapan Mami-nya.

"Maafkan. Jangan pernah ada dendam dalam diri kamu. Tuhan sudah mengatur semua ini. Ayo bangkit lagi, jangan pernah menyerah dengan masalah apapun," kata Bunda Anne mengingat ucapan Mami. Mereka lalu berdoa pada Tuhan dan Bunda Anne menegaskan kalau dirinya tak pernah marah dengan merah putih. Dia tetap cinta Tanah Air Indonesia.

 Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun Pacarnya, Kylie Jenner Bikin Tato Baru

Kebangkitan Anne Avantie

 

Konsep tabur tuai yang ditanamkan Mami ke Bunda Anne diyakini dengan sangat baik oleh desainer kebaya legendaris Indonesia. Ya, Bunda Anne yakin apapun yang ditaburkan di muka bumi ini, akan Anda rasakan hasilnya sama seperti apa yang ditabur. Karena itu, Bunda Anne sebisa mungkin untuk selalu baik pada siapapun.

"Kalau ada yang minta tolong, Mami selalu bilang, tolong saja. Jangan pernah tanya alasannya. Kalau kamu bisa tolong, tolong dia dan jangan pernah minta balasan," ungkap Bunda Anne kembali haru.

Sekali lagi, Tuhan tak pernah melupakan Umatnya. Bunda Anne kemudian dipertemukan dengan desainer Musa Widyatmodjo yang pada 2000 dia menjabat sebagai ketua Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Menurut penuturan dia, Musa yakin kalau Bunda Anne akan jadi orang besar ketika pergi ke Jakarta.

Akhirnya, karena mendengarkan saran Musa, Bunda Anne ke Jakarta. Membawa bekal ilmu dan keahlian, dia mengawali karier cemerlangnya setelah itu.

"Pak Musa adalah salah seorang yang paling berjasa dalam hidup saya. Dia bagian dalam sejarah hidup saya. Jadi, ketika ada urusan bisnis yang mana kalau di sana sudah ada nama Musa, aku akan mundur. Sebab, Mami selalu bilang ke aku untuk menjalani bisnis dengan tata krama. Saya menghormati Pak Musa karena dia bagian dalam sejarah hidup Anne Avantie," ucap Bunda Anne sedikit haru.

Pesan Bunda Anne pada perempuan Indonesia ialah jangan pernah menyerah dengan keadaan masalah apapun. Sebab, hanya Tuhan yang tahu seperti apa kehidupan seseorang dan ketika Anda berbuat baik pada sesama makhluk hidup, maka kebaikan pun akan datang. Perempuan Indonesia bisa bersinar dan menjadi sosok hebat di kehidupannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini