nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Memaksimalkan Nutrisi Daging Sapi

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 07:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 02 298 2050812 begini-cara-memaksimalkan-nutrisi-daging-sapi-u4LIWP3V6u.jpg Ilustrasi (Foto: Popsci)

PENTING adanya untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan makanan sehat dan bergizi sehingga tubuh dan otak bisa berfungsi dengan baik. Salah satu jenis makanan yang dijadikan sebagai sumber protein, adalah daging merah termasuk daging sapi.

Namun sayangnya, belum banyak orang yang tahu dan memahami apa saja hal-hal yang harus diperhatikan agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari daging merah, termasuk daging sapi.

Ahli Gizi Leona Victoria menuturkan banyak faktor yang memang harus diperhatikan dengan tepat agar daging sapi ini tak sia-sia jadinya. Pertama ialah soal potongan dan cara pengolahannya.

“Pertama itu potongannya, harus pilih potongan yang rendah lemak. Hindari bagian daging yang ada putih-putihnya itu. Kedua ialah cara mengolahnya, sebisa mungkin tidak mengolah daging dengan memakai santan dan tidak dengan cara digoreng. Lalu untuk jenis daging cincang, itu di-saute dulu tanpa minyak setelahnya taruh di-cooking paper lalu disiram air panas, baru kemudian daging bisa dimasak lagi,” ungkap Leona saat ditemui Okezone, Kamis (2/5/2019) dalam acara “Female Chat Box: The Importance Of Nutrition For Daily Lifestyle, True Aussie Beef,” di hotel Aloft, Jakarta Pusat.

 Baca Juga: Bercermin dari Kasus Iker Casillas, Menusuk Jari dengan Jarum Bisa Menolong Pasien Serangan Jantung?

Terakhir, Leona menjelaskan lebih detail soal tata cara penyimpanan atau food storage. Di mana di bagian inilah, banyak orang awam yang masih belum terlalu paham bagaimana cara menyimpan daging merah dengan tepat agar tidak tercemar bakteri sekaligus tetap bisa mendapatkan kandungan nutrisi maksimal.

“Untuk penyimpanan, kalau setelah dibeli dan daging akan dipakai dalam kurun waktu 24 jam maka bisa disimpan di rak kulkas bagian bawah. Jika sifatnya ingin stok, alias tak digunakan lebih dari 24 jam maka taruh di freezer. Biasakan juga memilah-milah daging per porsi, saat ingin masak cukup porsi yang dibutuhkan yang dikeluarkan dari kulkas,” tambah Leona.

 Baca Juga: Gaya Sporty Sri Wahyumi Manalip, Bupati Talaud yang Kena OTT KPK

Tak hanya itu, Leona juga mengingatkan dalam pengolahannya sejatinya daging-dagingan, termasuk daging sapi itu ternyata tidak perlu dicuci terlebih dahulu loh!

“Mencuci daging itu tidak diperlukan, karena bisa mengurangi kandungan zat besinya yang sebetulnya ada di juicy, ada di darahnya itu. Namun, selalu sebelum dan sesudah memegang daging itu biasakan untuk selalu mencuci tangan sampai bersih,” tandas wanita lulusan Sidney, Australia ini.

(tam)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini