Peran Ibu Sangat Vital untuk Cegah Stunting

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 02 481 2050747 peran-ibu-sangat-vital-untuk-cegah-stunting-N6LJf1WHJO.jpg

SEMUA orangtua tentu menginginkan buah hatinya tumbuh sehat dan sempurna untuk menunjang masa depannya di kemudian hari.

Tentunya salah satu hal yang wajib dilakukan oleh seorang ibu adalah memenuhi kebutuhan gizi sang anak untuk mencegah kasus kekurangan gizi yang berakhir pada stunting.

Stunting adalah salah satu akibat yang ditimbulkan dari seorang bayi yang kekurangan gizi kronis. Tentunya hal ini berdampak pada ukuran fisik dan mengakibatkan keterlambatan dalam perkembangan otak sang anak. Akibatnya, tubuh seseorang menjadi kerdil dan tidak dapat merespons sesuatu dengan cepat seperti orang pada umumnya.

Asdep Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Kesejahteraan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Drs. Hendra Jamal’s, M.Si menyatakan peran ibu sangat penting dalam kasus ini. Pengetahuan dan edukasi yang tepat pada seorang ibu mampu membantu mencetak generasi emas di kemudian hari.

Baca Juga : Hukum Menikahi Janda dalam Islam, Benarkah Datangkan Banyak Rezeki?

"Pemenuhan hak anak merupakan bagian dari upaya perlindungan anak termasuk di dalamnya pemenuhan hak gizi untuk tumbuh-kembang. Kebijakan dan program pemenuhan hak anak yang disusun oleh KPPPA diimplementasikan melalui berbagai macam strategi yang menyasar pada anak secara langsung, keluarga (orangtua), lingkungan dan wilayah," tutur Hendra dalam acara Frisian Flag beberapa waktu lalu.

"KPPPA yakin gerakan edukasi dan peningkatan keterampilan Ibu merupakan salah satu cara yang bermanfaat agar anak diberikan asupan gizi yang baik untuk mencegah stunting dan menyiapkan generasi emas di masa depan," lanjutnya.

Tak hanya Hendra, Ahli Gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc., juga menekankan pentingnya peran orang tua khususnya ibu dalam upaya pemenuhan gizi lengkap terutama pada dua tahun pertama kehidupan, agar anak terbebas dari stunting.

“Setelah masa menyusui, orang tua dianjurkan untuk terus memenuhi gizi anak melalui konsumsi makanan bergizi seimbang. Salah satu zat gizi terpenting yang harus dipenuhi oleh anak adalah protein hewani dimana konsumsinya saat ini masih rendah, salah satu alternatif cara untuk memenuhinya adalah dengan menyediakan susu bubuk pertumbuhan yang memiliki berbagai manfaat gizi yang dibutuhkan oleh anak," terangnya.

Dokter Asih juga menekankan pentingnya orang tua memahami pendidikan kesehatan dan literasi pengetahuan dasar dalam mengaplikasikan gaya hidup yang sehat. Hal ini berfungsi untuk mencegah stunting dan meningkatkan status kesehatan anak dalam membangun masa depan anak dan keluarga yang kuat.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini