nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kali Ciliwung di Kawasan Jaksel Bakal Disulap Jadi Destinasi Ekowisata

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 03 406 2051082 kali-ciliwung-di-kawasan-jaksel-bakal-disulap-jadi-destinasi-ekowisata-j1gal6W4fL.jpg Kali Ciliwung bakal disulap jadi ekowisata (Foto: Dok. Okezone)

KEGIATAN menyusuri sungai yang dilakukan Pemkot Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan rupanya berbuah manis. Tepatnya sungai Ciliwung atau biasa disebut kali Ciliwung dari Kecamatan Jagakarsa hingga Jalan MT Haryono, Kecamatan Pancoran.

Agenda ini untuk mencari lokasi-lokasi yang bisa dikembangkan menjadi kawasan ekowisata. Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan Imron Yunus mengatakan bakal menggandeng komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci) untuk pengembangan kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi, pemberdayaan sosial-budaya ekonomi masyarakat lokal, pembelajaran, dan pendidikan.

 Baca Juga: Mengenal Terapi untuk Pulihkan Mental Caleg Stres

”Kita cari spot-spot mana saja yang dapat dikembangkan menjadi destinasi ekowisata di Sungai Ciliwung,” ujarnya kemarin. Pada peringatan Hari Bumi, 22 April lalu, komunitas Mat Peci dan warga Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa telah membersihkan bantaran Kali Ciliwung.

Pohon-pohon endemik ditanam sebagai upaya pelestarian tanaman khas Jakarta sekaligus menambah penghijauan. Menurut Imron, konsep wisata Ciliwung yakni susur sungai. ”Konsepnya, wisata susur Ciliwung dari Srengseng Sawah ke Lenteng Agung sepanjang 1,5 km.

 

Kemarin sempat dilakukan pada Hari Air Sedunia dan antusiasme masyarakat luar biasa,” ucapnya. Bentuk kajian yang dilakukan dengan pengurangan arus sungai, tingkat keamanan dan rencana penggabungan konsep ekowisata dengan promosi seni budaya.

Jika terealisasi, instansinya juga akan menggandeng masyarakat sekitar aliran sungai dalam rangka pemberdayaan ekonomi warga. ”Harus diperhatikan soal kerawanan musibah. Jadi, perlu dipikirkan matang-matang soal tingkat keamanannya.

Kalau dalam situasi arus normal saya kira sudah bisa dilakukan,” kata Imron. Menurut dia, wacana menjadikan Ciliwung destinasi ekowisata sudah tercetus sejak puluhan tahun. Hanya, rencana tersebut tak pernah terlaksana karena terlalu banyak pertimbangan.

 Baca Juga: Intip Tampilan Salmafina Sunan yang Makin Seksi, Nomor 5 Bikin Melek

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji menambahkan, Sungai Ciliwung sebenarnya mampu menghadirkan banyak potensi baik sosial-budaya, ekonomi bahkan pariwisata. Untuk memaksimalkan itu dibutuhkan kerja sama antarlembaga dan instansi terkait, termasuk melakukan kajian mendalam.

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini