nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jutaan Nyamuk Dilepas untuk Tangkal Demam Berdarah

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 01:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 03 481 2050859 jutaan-nyamuk-dilepas-untuk-tangkal-demam-berdarah-wc7J9klmAj.jpg

JUTAAN nyamuk disebar ke seluruh penjuru kota Medellin, Kolombia, untuk meredam wabah demam berdarah.

Sebelum disebar, nyamuk-nyamuk tersebut terlebih dahulu disuntik Bakteri Wolbachia untuk menghentikan pertumbuhan virus dengue.

Scott O'Neill, Direktur World Mosquito Program menjelaskan bahwa pelepasan nyamuk dengan Wolbachia diharapkan dapat mengurangi populasi nyamuk yang membawa virus dengue.

Dia juga menambahkan Wolbachia akan meningkatkan sistem imun nyamuk, sehingga virus seperti dengue tidak bersarang lagi di tubuh nyamuk. "Ketika virus tidak lagi ada di dalam tubuh nyamuk, maka tidak dapat ditransmisikan ke dalam tubuh manusia," ungkap O'Neill.

Organisasi di bawah kepemimpinan O'Neill itu lantas menggandeng pelajar untuk meyakinkan masyarakat, bahwa nyamuk dengan Wolbachia tidak berbahaya. Nyamuk akan berjasa menanggulangi wabah demam berdarah.

Baca Juga : Cerita di Balik Hijrahnya 5 Artis Tanah Air

Seperti yang dilakukan oleh Salome, siswi sekolah yang mendapat pengetahuan tentang Wolbachia dan melepaskan nyamuk-nyamuk itu di lingkungan tempat tinggalnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini