nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peter Mayhew Pemeran Chewbacca Meninggal Dunia, Penyakit Jantung Diduga Jadi Penyebabnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 08:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 03 481 2050919 peter-mayhew-pemeran-chewbacca-meninggal-dunia-penyakit-jantung-diduga-jadi-penyebabnya-8UN1ehAbDO.jpg Peter Mayhew pemeran Chewbacca dalam Star Wars (Foto: Newshub)

Pengagum film Star Wars di seluruh dunia berduka. Hari ini, Jumat (3/5/2019), salah seorang aktor terbaik film ini dikabarkan meninggal dunia. Adalah Peter Mayhew yang memainkan peran Chewbacca.

Peter meninggal dunia tepatnya pada 30 April 2019 namun pihak keluarga baru mengumumkan informasi ini hari ini. Tidak diketahui pasti penyebabnya apa, meski begitu, pihak keluarga menuliskan kalimat ini di postingan Twitter @TheWookieeRoars.

"Keluarga Peter Mayhew, dengan cinta dan kesedihan yang mendalam, menyesal berbagi berita, Peter telah meninggal dunia. Dia meninggalkan kami pada 30 April 2019 malam hari bersama keluarganya di sisinya di rumahnya di Texas Utara."

Postingan ini kemudian viral dan banyak ucapan belasungkawa ditujukan untuk aktor yang wafat di usia 74 tahun tersebut. Hestag #RipPeterMayhew #RIPChewbacca pun menggema di media sosial.

 

Terkait dengan alasan kematian, pihak keluarga tidak menjelaskan hal tersebut. Namun, kondisi terakhir menjelaskan kalau aktor ini mengalami masalah kesehatan hingga dia harus beraktivitas di atas kursi roda.

 Baca Juga: Mengenal Terapi untuk Pulihkan Mental Caleg Stres

Dilansir Okezone dari Inquisitr, diketahui Peter wafat karena penyakit jantung. Hal ini juga yang membuat dirinya pensiun dari Star Wars.

Sementara itu, sebuah laporan dari TMZ mencatat, Mayhew meninggal karena penyakit jantung, tetapi tidak menyebutkan lebih dari itu. Buzzfeed juga mencatat dalam berita kematiannya, Mayhew terganggu dengan masalah mobilitas dan telah menjalani operasi tulang belakang tahun lalu.

Pada tahun-tahun terakhirnya, Mayhew mengalami sejumlah kondisi menyakitkan. Dia harus duduk di kursi roda mulai 2011 dan dua tahun kemudian menjalani operasi penggantian lutut ganda. Mayhew kemudian dapat berjalan dengan bantuan tongkat yang berbentuk seperti pedang cahaya yang pernah membuatnya ditahan sebentar di terminal keamanan bandara.

 

Seperti yang dicatat dalam laporan TMZ, kondisi membaik ini membuat Peter Mayhew kembali berperan sebagai Chewbacca di dalam serial film Star Wars: The Force Awakens, tetapi harus pensiun sesudahnya.

 Baca Juga: Jutaan Nyamuk Dilepas untuk Tangkal Demam Berdarah

Dia tetap aktif dalam serial film ini, laporan itu mencatat, dia menjadi mentor untuk Joonas Suotamo, seorang bintang basket 'Finish' yang mengambil alih peran Chewbacca di The Last Jedi.

Tidak jelas apakah kondisinya memburuk, tetapi Mayhew kembali ke kursi roda untuk pemutaran perdana Star Wars terbaru, meskipun dia masih dapat hadir dan muncul di karpet merah.

Seperti yang dikatakan anggota keluarga dalam sebuah pernyataan setelah kematiannya, Mayhew selalu ingin mendorong dirinya sendiri sehingga dia bisa berada di sana untuk para penggemarnya.

"Seiring bertambahnya usia, dia terus 'menjadi prajurit' saat dia menginginkannya dan benar-benar berada di elemennya di sekitar penggemar dan pendukung," kata keluarganya. "Dia menumbuhkan kekuatan besar dari energi keluarganya, teman-teman, dan penggemar yang dia kenal dan cintai."

Sampai berita ini dikeluarkan, keluarga Peter Mayhew belum merilis penyebab resmi kematian aktor tersebut. Keluarga mengatakan, mereka berencana untuk mengadakan upacara peringatan pada Juni mendatang, dengan upacara lain pada Desember sehingga penggemar dapat mengingat kehidupan sosok legenda Star Wars ini.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini