nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kanker Mengintai, Jangan Malas Periksa Payudara Sendiri

Rahma Yulita, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 12:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 03 481 2050960 kanker-mengintai-jangan-malas-periksa-payudara-sendiri-vx6jgRHReg.jpg Ilustrasi (Foto: Hindustantimes)

PAYUDARA adalah salah satu bagian di tubuh manusia yang dimiliki baik oleh perempuan maupun laki-laki. Bedanya, payudara di tubuh perempuan bisa sewaktu-waktu berubah, sesuai dengan hormon yang dimilikinya.

Payudara pun tidak luput dari yang namanya penyakit. Ya, bukan hal baru jika kita membicarakan tentang kanker payudara, kanker yang biasanya menyerang perempuan. Tapi ternyata, kanker payudara tidak hanya menyerang perempuan saja, laki-laki pun bisa juga terserang penyakit ganas ini, walaupun kemungkinannya sangat kecil.

Ketika mendengar kata “kanker”, orang biasanya berpikir bahwa ini adalah suatu hal yang sangat menyeramkan dan tidak bisa disembuhkan. Nyatanya, kanker payudara bisa dicegah dengan melakukan deteksi dini.

Dokter Ralph G. Gunarsa Sp. PD KHOM mengatakan deteksi dini sangat penting dilakukan dan jangan hanya dilakukan ketika sudah merasa ada yang tidak beres saja.

 Baca Juga: Mengenal Terapi untuk Pulihkan Mental Caleg Stres

“Melakukan deteksi dini bukan berarti ketika kita telah mengalami sakit dulu, atau merasakan ada yang salah di payudara. Tetapi, untuk semua perempuan apalagi yang sudah mengalami menstruasi, diharapkan untuk melakukan pemeriksaan atau deteksi dini untuk mencegah kanker payudara,” ujar dr Ralph saat ditemui Okezone di acara Go The Extra Mile for Breast Cancer, di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 2 Mei 2019.

Deteksi dini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pemeriksaan dengan dokter dan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang bisa dilakukan dengan melakukan ronsen atau usg, seperti yang biasa dilakukan oleh ibu hamil. Jika pada ibu hamil usg dilakukan untuk melihat bayi, deteksi dini melakukan usg untuk melihat adakah benjolan yang tumbuh di dalam payudara. Untuk deteksi dini lebih baik dilakukan hari ke-7 menstruasi, hingga 3 hari setelah menstruasi selesai.

Selain melakukan deteksi dini, kita dapat mencegah kanker lewat gaya hidup yang sehat. Ada beberapa hal yang sudah termasuk sebagai faktor risiko terbesar terkena kanker, salah satunya adalah rokok. Maka dari itu, perlu mengurangi konsumsi rokok per hari untuk mencegah terkena kanker.

 Baca Juga: Intip Tampilan Salmafina Sunan yang Makin Seksi, Nomor 5 Bikin Melek

Makanan juga bisa menjadi penyebab munculnya kanker, terutama makanan yang memiliki banyak lemak, atau makanan yang membuat kita memiliki banyak lemak. Jika terlalu banyak mengonsumsi lemak, dr Raplh mengatakan, kadar risiko untuk terkena kankernya juga menjadi semakin tinggi.

Terakhir, jangan lupa untuk olahraga yang teratur agar terhindar dari stres, karena stres juga bisa menimbulkan kanker walaupun belum pasti berapa persen keterkaitannya dengan kanker tersebut.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini