nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Blue Java Banana, Pisang Biru yang Kaya Manfaat

Aris Wardani, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 22:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 03 481 2051269 5-fakta-blue-java-banana-pisang-biru-yang-kaya-manfaat-nYPUyKJjR8.jpg Pisang Biru kaya manfaat bagi kesehatan (Foto: Letgo)

Pisang biru atau blue java banana ialah sejenis pisang yang berwarna biru dan sedang mencuri perhatian karena penampilan dan serta rasa yang enak untuk disantap.

Tetapi apakah ada buah dengan rasa es krim tanpa adanya bahan campuran lainnya? Bila penasaran dengan rasa yang seperti itu, maka ada baiknya untuk mencoba untuk menyantap buah pisang biru ini yang di mana rasanya seperti es krim.

Mungkin Anda belum pernah mencicipi lezatnya pisang rasa es krim, kelembutan tekstur dagingnya tidak mudah dilupakan. Sebab di Indonesia, pisang jenis ini masih belum banyak beredar di pasaran.

Pisang dengan rasa es krim yang manis menggoda ini berkulit biru. Karena warna kulitnya, banyak yang menyebut pisang ini dengan “Blue Java”. Meskipun menggunakan kata “Java”, pisang ini tidak berasal dari Pulau Jawa.

Dilansir Livelovefruit.com, berikut beberapa fakta unik tentang Banana Java Blue atau pisang biru yang eksotis:

Dikenal dengan berbagai nama

Blue Java yang banyak tumbuh di sisi Selatan Amerika Serikat, Australia, dan Hawaii. Pisang ini juga dikenal dengan Ice Cream Banana (Hawaii), pisang Hawaii (Fiji), Krie (Filipina), dan Cenzio (Amerika Latin). Bentuk buahnya mirip pisang kepok, dan bisa mencapai panjang 7 inci, dengan daging berwarna krem.

Rasa dan tekstur

Selain warnanya unik, ternyata pisang biru juga memiliki tekstur yang lembut serta dengan rasa es krimnya bisa membuat ingin mencoba memakannya.

Pisang Biru

Dapat memperbaiki suasana hati

Pisang jawa biru adalah sumber kaya vitamin B6, yang diperlukan untuk membantu tubuh mensintesis serotoninnya sendiri. Recommended Daily Allowance (RDA) untuk vitamin B6 pada orang dewasa adalah 1,3 miligram (mg).

Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 0,4 mg vitamin B6, jadi jika Anda membuat smoothie, atau es krim pisang lezat dengan 2-3 Blue Java, Anda akan mendapatkan lebih dari 75% dari RDA vitamin B6 Anda. Tidak buruk untuk memperbaiki suasana hati.

Membantu pencernaan

Pisang mengandung serat yang tidak dapat dicerna seperti selulosa, hemiselulosa dan alfaglukan yang membantu mencegah sembelit dan memulihkan serta mempertahankan fungsi usus yang teratur. Pati resisten dalam pisang mentah dapat membantu pencernaan yang berakhir di usus besar, di mana ia menjadi makanan bagi bakteri menguntungkan dalam usus. Pectin menurut beberapa penelitian dapat membantu melindungi terhadap kanker usus besar.

Menjaga kesehatan jantung

Kalium sangat penting untuk kesehatan jantung, dan pisang jawa biru penuh dengan kalium. Mendapatkan cukup kalium dalam makanan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan terhindar terkena penyakit jantung

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini