Bak Toko Emas Berjalan, Bocah Ini Ungkap Kebiasaan Emak-Emak Suku Bugis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 03 Mei 2019 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 03 612 2051041 bak-toko-emas-berjalan-bocah-ini-ungkap-kebiasaan-emak-emak-suku-bugis-ckXB1DK4wC.jpg Kebiasaan Orang Bugis (Foto: Instagram)

INDONESIA adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Tentunya setiap daerah memiliki keunikan tersendiri yang membedakan masyarakat yang satu dengan lainnya. Keragaman perbedaan inilah yang membuat Indonesia menjadi sangat berbeda sehingga menarik perhatian masyarakat dunia.

Salah satu, suku yang ada di Indonesia adalah Suku Bugis yang berasal dari Sulawesi Selatan. Suku ini tentunya memiliki perbedaan dengan beberapa suku yang ada di Indonesia lainnya. Salah satunya adalah kebiasaan dan tradisi yang kerap dilakukannya sehari-hari.

Dalam sebuah video singkat yang diunggah ke akun media sosial, Instagram, memperlihatkan seorang bocah laki-laki yang menguak misteri tentang kebiasaan masyarakat Suku Bugis. Seakan tidak takut dengan kamera, bocah ini dengan lancarnya berbicara dan mengungkapkan semua kebiasaan yang dilakukan masyarakat Bugis dalam kehidupan sehari-harinya.

Baca juga : 

"Mama, kenapa pula orang Bugis seperti itu? Setiap duduk sama kawannya menggosip, pigi rumah orang kawin menggosip. Baru makan orang punya makanan dia gosip lagi tidak sedap, sudah dibilang tidak sedap dibawa pulang. Baru bawa gelang banyak-banyak, bawa rantai lah, bawa cincin lah, bawa gelang lah macam kena penyakit kuning saja itu," tutur bocah laki-laki tersebut.

Alhasil sejak diunggah beberapa jam yang lalu, video singkat ini langsung ditonton lebih dari 19.941 kali dan menuai banyak komentar dari para netizen. Sayangnya, beberapa komentar netizen menyanyangkan sikap orangtua yang mengajarkan hal yang kurang baik ini kepada sang anak.

"Apa faedahnya anak kecil diajar jd orang tua kayak gini??," tulis akun @ts_herpavi.

"Sy kurang paham krn bukan asli makassar.. 😅 yg jelas dr fotonya keliatan kayaaa rayaaa," papar akun @diinplarasati.

"Pergi arisan magosip, pergi kumpul di lorong magosip. "itu anaknya anu baru sdh nikah cepatna hamil, pasti hamil duluangi itu" mama mamaka kusa'ring," tulis akun @barumbung_mks.

"Kau masih kecill adek tak usalah banyak pusing..., umur masih muda tapi pikiran dah dewasa tak batulll," cetus akun @nurulfdlar.

Sementara akun @iqhaa11 menulis: "Keliatan dia Bicara di tuntun sama yg Ngerekam. Alangkah baik nya kalo anak2 di ajarkan utk bicara yg baik baik,walaupun niatnya buat lucu lucuan tp apa yg kita ajarkn pada anak2 itu yg akan terus dia ingat.. Miris sih saya sebagai orang tua litany."

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini