nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Penampakan Bakso Raksasa dengan Diameter 3 Meter

Wisnu Kurniawan , Jurnalis · Sabtu 04 Mei 2019 23:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 04 298 2051614 begini-penampakan-bakso-raksasa-dengan-diameter-3-meter-XXzcZANK5u.jpg Bakso gepeng raksasa di Festival Kuliner BSD (Foto: Wisnu/Okezone)

Bakso adalah makanan favorit banyak orang. Rasanya lezat, nikmat dan menyegarkan. Apalagi, jika bakso dikreasikan dengan membuatnya lebih kekinian. Biasanya bakso identik dengan bentuknya yang bulat, tetapi untuk saat ini banyak tempat makan yang bersaing membuat bakso raksasa yang unik.

Tetapi, pernahkah kalian membayangkan bakso yang sangat besar? Ya, dalam Acara Festival Kuliner BSD 2019, di parkiran utama ITC BSD belum lama ini menghadirkan bakso raksasa yang dibuat oleh Bakso Rusuk Joss dengan bentuknya yang gepeng. Bakso tersebut memecahkan rekor MURI di dunia dengan bakso yang berukuran 2,90 meter. Sebelumnya di Surabaya pada 2007 silam juga ada yang memecahkan rekor bakso raksasa dengan ukuran 1,65 meter.

 

“Filosofinya seperti ini, makan bakso tidak selamanya bulat, bisa saja bentuknya lain, seperti bakso rusuk setan bentuknya pentungan dan bakso trisula yang ada rusuknya tiga menyerupai trisula. Kita tuh out off the box, jadi bikin bakso raksasa yang anti-mainstream,” ujar Isa Juarsa, Founder Bakso Rusuk Joss saat ditemui Okezone.

 Baca Juga: Warga BSD Tangerang Antusias Ramaikan Dahsyatnya MasterChef Indonesia

Bakso gepeng raksasa ini memiliki ketebalan 12 cm, berdiameter 3 meter dan memiliki berat 1,25 ton. Dibuat dengan adonan khusus dan menggunakan daging sapi 750 kg, supaya tidak hancur adonannya saat direbus, serta dicetak dengan menggunakan moulding, yaitu cetakan khusus berukuran 3,3 m yang terbuat dari bahan stainless steel.

“Moulding bakso raksasa juga gampang-gampang susah sih, sempet bocor beberapa kali, akhirnya ditambal lagi, ngerebus bakso ini butuh waktu 3 hari sampai matang sempurna,” lanjut Isa.

 

Proses pembuatan bakso gepeng terbesar ini merupakan hasil kerjasama dari Saus Dua Belibis, Bakso Rusuk Joss, dan penyelenggara Festival Kuliner BSD. Adapun persiapan pembuatan adonan hingga masuk ke proses perebusan yang memakan waktu 3 hari sampai kematangannya sempurna. Proses perebusan dan pematangan akhir akan dilakukan di atas panci khusus dari bahan stainless steel berukuran 3,5 m x 3,5 x 1m dengan tungku bertekanan tinggi berdiameter 40 cm sebanyak 12 tungku.

 Baca Juga: Mudahnya Membuat Kue dengan Rice Cooker

“Bakso raksasa ini kurang lebih bisa disajikan sampai 55.000 butir bakso, jika 1 mangkuknya berisi 5 potongan bakso, berarti total ada 11.000 porsi,” ujar Isa.

Reggy Milyardi Prabowo, Brand Manager Dua Belibis mengatakan keikutsertaan Dua Belibis di festival kuliner ini merupakan wujud nyata dari komitmen untuk terus mendukung perkembangan kuliner di Tanah Air.

"Melalui event ini kami berharap seluruh pengunjung dapat merasakan pengalaman makan yang seru dan momen yang istimewa, khususnya hidangan bakso dan beragam gorengan menggunakan saus," tandasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini