Mau Tau Cara Menghemat BBM Kendaraan? Yuk Ikuti 5 Tips Ini

Risna Nur Rahayu, Jurnalis · Minggu 05 Mei 2019 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 05 196 2051681 mau-tau-cara-meghemat-bbm-kendaraan-yuk-ikuti-5-tips-ini-7bhCAIDMnW.jpg Foto: Citibank

SEBAGIAN besar masyarakat di Ibukota Jakarta memiliki kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Memiliki kendaraan pribadi berarti mempermudah pergerakan dari satu tempat ke tempat lain, khususnya bagi mereka yang aktif bekerja secara mobile. Namun, kadang menggunakan kendaraan pribadi merepotkan, karena harus rutin melakukan perawatan, salah satunya mengisi bahan bakar minyak (BBM). Harga bahan bakar non-subsidi yang cenderung mahal ditambah macetnya Jakarta, tentu bisa membuat keuangan Anda boros.

Nah, bagi anda yang sehari-hari menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas, ada lima tips yang layak dicoba untuk menghemat bahan bakar kendaraan, tanpa harus mengurangi waktu penggunaannya.

Jaga kondisi mesin

Merawat kendaraan pribadi itu sebuah keharusan bila ingin mendapat performa terbaik saat menggunakan. Seperti menjaga kondisi mesin tetap prima misalnya. Selain membuat kendaraan nyaman dipakai, mesin yang prima ternyata lebih menghemat penggunaan bahan bakar. Para ahli otomotif menganjurkan, perawatan berkala mobil setiap 6 bulan sekali atau setara 10.000 Km. Sedangkan untuk motor, rutin ganti oli motor setiap bulan.

Atur posisi gigi yang tepat

Mengatur posisi gigi secara tepat terbukti menghemat penggunaan bahan bakar. Misalnya Anda mengemudikan mobil bertransmisi manual, jangan sampai mesin meraung lebih dulu baru memindahkan gigi ke posisi lebih tinggi. Atau jangan menggunakan gigi tinggi saat melintasi area menanjak, karena pemakaian bahan bakar bakal lebih boros.

 

Matikan mesin dalam kondisi macet total

Kota besar dan menjelang hari besar memang identik dengan kemacetan. Bila anda terjebak di kondisi tersebut dalam waktu yang lama, sebaiknya matikan mesin mobil sampai arus lalu lintas benar-benar bisa berjalan. Bila mesin tetap menyala, bahan bakar akan terbuang sia-sia, karena mobil tidak bergerak. Untuk sepeda motor, memang jarang terlibat kemacetan yang benar-benar tidak bisa bergerak.

Perhatikan batas kecepatan

Mempertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan yang ditentukan ternyata bisa menurunkan penggunaan BBM sekitar 19 persen. Maka dari itu hindari percepatan ataupun perlambatan yang mendadak dan hindari menginjak pedal gas terlalu dalam, bila ingin hemat BBM.

Beli BBM pakai Kartu Kredit Citi Cash Back

Sejak beberapa tahun terakhir, kartu kredit sudah bisa dipakai untuk membayar pembelian BBM di sejumlah SPBU. Agar lebih hemat, pakai saja Kartu Kredit Citi Cash Back setiap pembelian BBM di SPBU manapun, karena akan mendapatkan Cash Back tanpa limit, tanpa batas waktu penukaran, dan tanpa minimum belanja. Jadi tunggu apalagi, apply sekarang di http://www.citibank.co.id/applycashback!

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini