nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Doyan Buka Puasa Pakai Es Kelapa? Ini Sederet Manfaatnya!

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 17:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 06 298 2052139 doyan-buka-puasa-pakai-es-kelapa-ini-sederet-manfaatnya-lKxN92HPKg.jpg Es Kelapa Muda. (Foto: Shutterstock)

BERBUKA puasa memang paling enak minum air kelapa sangat pas jadi minuman pelepas dahaga yang nikmat diminum siang-siang. Apalagi jika ditambah dengan es, tentu akan membuat tubuh seolah melek kembali untuk beraktivitas.

Ada dua jenis kelapa yang bisa dengan mudah Anda temui di pasaran, yakni kelapa muda dan kelapa tua. Jika diamati dari bentuknya, kedua jenis kelapa ini tentu memiliki tampilan yang sangat berbeda. Kelapa tua hadir dengan ukuran yang tidak terlalu besar, dan diselimuti oleh kulit atau batok kelapa keras berwarna cokelat.

Berbeda dengan air kelapa tua yang biasanya dibuang dan daging buahnya dijadikan santan, air kelapa muda berasal dari buah kelapa yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih. Air kelapa inilah yang sering diminum untuk sekadar melepas dahaga, atau mengobati beragam kondisi tertentu berkat manfaatnya bagi kesehatan.

Baca Juga: Penampakan Tangan di Pundak Suami BCL saat Foto Bareng Nia Ramadhani Bikin Merinding

Buah kelapa umumnya membutuhkan waktu sekitar 10-12 bulan sampai akhirnya matang dengan sempurna, namun air kelapa muda biasanya dipilih dari buah kelapa yang masih berumur 6-7 bulan. Itulah mengapa minuman ini disebut dengan kelapa muda.

Selain menghasilkan air untuk diminum, buah kelapa juga memiliki daging berwarna putih yang biasanya dimakan bersamaan saat Anda meminum airnya. Di balik rasanya yang enak dan menyegarkan, air kelapa muda ternyata menyimpan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Melansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram (gr) air kelapa dapat menyumbang 17 kalori energi, 0,2 gr protein, 0,1 gr lemak, dan 3,8 gr karbohidrat. Di samping itu, air kelapa juga menyumbang beberapa vitamin dan mineral untuk tubuh.

Baca Juga: Bingung Mau Masak Apa untuk Buka Nanti, Nih 3 Rekomendasinya

Mulai dari vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng. Melihat begitu banyaknya nutrisi yang ada dalam segelas air kelapa, menjadikan minuman ini cocok diminum oleh Anda yang tidak terlalu menyukai rasa manis.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini