nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beredar Foto Ilusi Optik untuk Tes Kesehatan Mata Online, Ini Penjelasan Ahlinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 08:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 07 481 2052401 beredar-foto-ilusi-optik-untuk-tes-kesehatan-mata-online-ini-penjelasan-ahlinya-aWxwTbEr9m.jpg Tes kesehatan mata online (Foto: Twitter)

MEDIA sosial baru-baru ini geger dengan kemunculan foto ilusi optik yang di dalamnya ditanam 4 digit angka. Gambar tersebut dikatakan mampu mendeskripsikan seberapa sehat mata Anda.

Akun Twitter @inganggita yang memviralkannya. Dalam postingannya, dia menuliskan caption 'Angka berapa yang kamu lihat?' Dan dalam postingannya juga dia menambahkan pernyataan mengenai makna angka yang Anda lihat.

Ada 3 pilihan; Angka 3240, 1246, dan 1240. Ketiga variasi angka ini memberi makna berbeda dan dianggap mendefinisikan kondisi mata Anda.

 BACA JUGA : Ini Alasan Pangeran Harry dan Meghan Markle Tidak Berfoto Bersama Bayinya Pasca Melahirkan

3240:

Astigmatism and No Myopic

Cylindris dan No Minus

1246:

Light Myopic No Atigmatism

Minus Ringan Tanpa Cylindris

1240:

Healthy Eyes

Mata sehat atau normal

Postingan ini langsung menyebar pesat. Pasca diposting di Twitter 4 Mei sampai sekarang, sudah ada 2,1 ribu netizen yang membagikan ulang dan ada 2,4 ribu di antaranya yang menyukai hal tersebut.

Kemudian, menjadi pertanyaan di sini ialah apakah tes mata ini benar? Apakah angka-angka yang tertera di gambar bisa mendefinisikan kondisi mata Anda sejujurnya?

 

Begitu juga yang dilakukan akun Twitter @daduadi yang menanyakan hal serupa dan men-tag salah seorang dokter mata yang cukup eksis di Twitter @ferdiriva Adi di sana menanyakan kepastikan dari kabar ini dan apa jawaban dokter mata tersebut?

"Kalau mau cek mata minus atau silinder, sebaiknya cek ke optik atau dokter mata," katanya dalam cuitan di Twitter, 4 Mei 2019.

Dokter Ferdiriva Hamzah juga menambahkan, masyarakat jangan mudah percaya dengan hal seperti ini. Optical Illusion yang beredar di WhatsApp group atau di media sosial dia anggap tidak bisa jadi acuan tes mata.

 BACA JUGA : Kenakan Blouse Transparan, Penampilan Harry Styles Curi Perhatian di MET Gala 2019

"Ya, nggak apa-apa juga sih kalau hal ini buat lucu-lucuan. Kalau mata kamu minus 9, ya, burem semua. Blas, nggak keliatan angkanya," tambahnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini