nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Jaga Kebersihan Organ Kewanitaan saat Menstruasi

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 09:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 07 481 2052420 tips-jaga-kebersihan-organ-kewanitaan-saat-menstruasi-7d3sTsLip9.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

Tanggal 28 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebersihan Menstruasi. Peringatan ini telah berlangsung sejak tahun 2014. Penetapan harinya pun terbilang unik lantaran dikaitkan dengan filosofi menstruasi. Rata-rata perempuan menstruasi dengan interval 28 hari sekali.

Lalu rata-rata lama menstruasi lima hari (lima diasosiasikan dengan Mei). Nah, supaya terhindar dari infeksi dan penyakit yang bisa menyerang area kewanitaan kita, simak tips menjaga kebersihan saat menstruasi dari dr Sondang Frida dari RS Elisabeth Bekasi.

Ganti pembalut setiap 4-6 jam sekali

Ternyata pembalut yang lama diganti dapat mengakibatkan lembapnya area kewanitaan sehingga menjadi tempat bersarangnya jamur. Bahkan, bakteri baik pun bisa bertransformasi menjadi bakteri jahat dan menyerang area rahim dan indung telur. Juga selalu sedia kantong plastik, tisu basah, dan tisu kering di dalam tas saat menstruasi.

Bersihkan area kewanitaan sebelum mengganti pembalut

Pasti kamu enggak mau area kewanitaan mengeluarkan bau tak sedap, kan? Maka bersihkan dahulu sebelum lanjut mengganti pembalut. Sebaiknya jangan menggunakan sabun pembersih karena justru akan membunuh bakteri baik pada organ kewanitaan.

pembalut

Basuh dari arah depan ke belakang

Bersihkan area vital dengan menggunakan air bersih yang mengalir, kemudian basuh dari arah depan ke belakang. Ingat, ya, bukan sebaliknya! Hal ini dilakukan agar bakteri tidak berpindah ke saluran kemih. Jangan lupa keringkan juga supaya area tersebut tidak lembap.

Cuci Tangan

Bukan hanya ketika saat ingin makan, tetapi cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut juga perlu.

Gunakan Pakaian Dalam Berbahan Katun Dan Tidak Ketat

Mengapa katun? Karena katun memiliki daya serap yang baik, selain itu bahannya yang lembut dan elastis dapat menghindarkan kulit dari iritasi dan alergi. Jadi selain nyaman dipakai, area vital pun terhindarkan dari kondisi lembap.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini