nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Pentingnya Periksa Kesehatan Mata Rutin bagi Pekerja Era Digital

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 15:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 07 481 2052584 ini-alasan-pentingnya-periksa-kesehatan-mata-rutin-bagi-pekerja-era-digital-pbuWCFLzQd.jpeg Periksa kesehatan mata rutin (Foto : Dimas/Okezone)

Meski telah terbukti meringankan beban pekerjaan, penggunaan teknologi berlebihan ternyata juga dapat memengaruhi kesehatan mata.

Salah satu pemicu menurunnya kesehatan mata adalah menatap layar komputer atau gadget hingga berjam-jam lamanya. Aktivtitas seperti ini jika dilakukan secara terus menerus, lambat laun akan mengurangi fungsi mata kita. Itulah sebabnya, MNC Peduli memutuskan untuk bekerjasama dengan Essilor dengan menggelar seminar dan pemeriksaan mata gratis untuk para karyawan MNC.

Acara tersebut dilangsungkan di Tower 1 MNC Studios, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (7/5/2019). Di sela-sela acara, Refraksionis Optisi dan Marketing Product Executive Essilor, Elis Kuswandini membeberkan sejumlah fakta menarik tentang pentingnya melakukan pemeriksaan mata secara rutin, terutama bagi para pekerja yang terhubung dengan dunia digital.

"Dalam setiap satu menit kita pasti menggunakan perangkat digital, baik menonton video, membalas email atau pesan singkar di smartphone, atau membuat laporan pekerjaan di laptop. Apabila kita tidak memerhatikan atau periksa kesehatan mata, secara tidak langsung akan memengaruhi kinerja dan produktivitas kita dalam berkerja," terang Elis saat ditemui Okezone di lokasi.

Elis mengatakan, ada beberapa gejala-gejala kesehatan mata yang disebabkan oleh penggunaan perangkat digital secara berlebihan. Mulai dari sering kehilangan konsentrasi, kepala pusing, mata berair, perih di bagian mata, dan masih banyak lagi.

Periksa Kesehatan Mata

Namun sayangnya, kesadaran masyarakat Indonesia untuk memeriksakan mata mereka dinilai masih kurang. Hal ini sangat disayangkan mengingat kesehatan mata menjadi salah satu bagian terpenting dalam menunjang pekerjaan.

"Ternyata sosialisasi seperti ini sangat dibutuhkan karena mereka tahunya dokter mata dan atau mencari informasi di internet. Padahal, menangani kesehatan mata mulai usia muda itu sangat penting," tegas Elis.

Periksa Kesehatan Mata

Lebih lanjut, Elis memaparkan, pemeriksaan mata dilakukan satu tahun sekali atau dua tahun sekali jauh lebih baik. Tujuannya bukan hanya untuk mengetahui kelainan pada mata, tetapi juga untuk mengetahui apakah pasien menderita atau memiliki diabetes atau darah tinggi.

"Kedua penyakit ini juga dapat memengaruhi kesehatan mata secara keseluruhan. Dengan demikian, kita bisa mencegah katarak yang menjadi penyebab utama kebutaan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memeriksakan mata secara rutin," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini