nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diolesi Kunyit, Luka Operasi Caesar Malah Makin Buruk

Harisah Chamil, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 20:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 07 481 2052656 diolesi-kunyit-luka-operasi-caesar-malah-makin-buruk-RGJJ6CajEH.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Pada saat ini melahirkan dengan operasi caesar banyak dipilih oleh para ibu untuk proses persalinannya. Dalam proses caesar sendiri memang memiliki beberapa keunggulan, seperti proses yang cepat, tidak terasa sakit, dan juga tidak merusak jalan saat melahirkan. Sehingga banyak yang memilih caesar ketimbang persalinan normal.

Setelah memilih untuk melahirkan dengan cara caesar, para ibu juga tetap berdiam dan lebih lama tinggal di dalam rumah untuk waktu yang telah ditetapkan. Sehingga mereka dapat pulih sepenuhnya.

Mereka yang telah menjalani operasi caesar membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih. Tetapi terkadang sebagian orang membuat resep sendiri untuk pemulihan persalinan caesar, namun sebenarnya itu tidak terbukti untuk membantu proses pemulihannya. Seperti yang diceritakan oleh dr. Muhammad Izzat di Facebooknya.

Sebagaimana dilansir dari Word Of Buzz, Selasa (7/5/2019), ada seorang pasien yang mengalami rasa sakit pada luka caesarnya, dan luka tersebut berubah menjadi berwarna kuning dan coklat.

 Baca Juga: Akhirnya WHO Luncurkan Vaksin Malaria Pertama di Dunia

Dokter Izzat pun menanyakan kepada pasiennya itu, apakah dia menaruh sesuatu pada lukanya tersebut atau tidak. Pasiennya pun menjelaskan bahwa dia telah meletakkan kunyit dan juga tumbuhan manjakani setelah seseorang merekomendasikan kepadanya.

Namun bukannya sembuh, luka itu malah terlihat menjadi buruk dan dia merasakan sakit yang luar biasa. Karena sangat menyakitkan, hingga dia meminta dr. Izzat untuk menghentikan pemeriksaannya.

“Luka Anda terinfeksi parah. Ada banyak nanah yang keluar dari luka itu," ujar dr. Izzat.

 Baca Juga: Tips Jaga Kebersihan Organ Kewanitaan saat Menstruasi

Menurut dr. Izzat, 6 dari 100 wanita yang memilih operasi caesar akan terinfeksi luka. Ini memang kejadian yang umum, dan para ibu akan diberitahu tentang risiko sebelum mereka pergi untuk operasi.

Jika luka operasi caesar terinfeksi parah, ibu harus dirawat, diberikan antibiotik, dan memberishkan lukanya secara teratur. Setelah infeksi hilang, luka akan dijahit kembali. Untuk semua calon ibu di luar sana, mintalah saran dokter sebelum Anda menerima solusi yang diberitahu oleh orang lain yang bukan profesional di bidangnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini