nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cari Batik untuk Lebaran, Datang Saja ke Gelar Batik Nusantara

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 21:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 08 194 2053215 cari-batik-untuk-lebaran-datang-saja-ke-gelar-batik-nusantara-18asbHpfsY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERENCANA untuk memakai batik saat Lebaran nanti? Kebetulan, Anda bisa berburu kain batik serta busana yang stylish dan nyaman dipakai di perhelatan Gelar Batik Nusantara 2019.

Dari segala jenis motif batik asli Indonesia semuanya ada. Pameran yang bertema “Lestari Tak Berbatas” ini resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto. Turut hadir, Istri Wakil Presiden RI Mufidah Jusuf Kalla.

Sebanyak 260 booth menawarkan batik eksklusif yang bisa dipadu-padakan dengan item fesyen lainnya. Spesialnya lagi Ada Rumah Kreatif BUMN (RKB) BNI dari mulai Widi Nugraha Batik asal Ngawi, Ayesha Collection asal Padang, Batik Tebo by Rizky Danang asal Tebo, Rajasa Mas asal Cilacap, dan Suruh Temurose dari Banyuwangi.

Baca Juga: Cantiknya Arfita Dwi Putri, Pramugari Istri Yama Carlos yang Dikabarkan Selingkuh

Salah satu pemilik Batik Tebo, Rizky Danang, mengatakan sangat senang bisa mengenalkan karya batiknya di ibu kota. Dari situ, batiknya semakin dikenal masyarakat luas, terutama di kota-kota besar.

"Ini dapat memotivasi saya untuk berkreasi dan ide-ide baru dengan melihat hasil karya batik dari pengrajin lainnya," kata Rizky Danang.

Sementara itu, Corporate Secretary BNI Meiliana mengatakan, ajang ini bisa jadi unjuk karya para pengrajin batik dari seluruh Indonesia. Semua karyanya sangat berbeda karena punya ciri khas masing-masing.

“Kami memberikan pendampingan kepada para pengrajin mulai pembukuan dasar sampai dengan quality control, serta pemasaran. Mereka jadi mengetahui cara pengembangan usaha dan peningkatan kualitas produknya," tutur Meiliana.

Baca Juga: Para Wanita Avengers Endgame di Met Gala 2019, Siapa Paling Mencuri Perhatian?

Pameran yang berlangsung di Plenary, Main Lobby dan Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) ini berlangsung mulai 8-12 Mei 2019. Buat pencinta batik wajib mampir ke ajang ini sekaligus berbelanja.

"Di sini para pengrajin batik dianggap dapat memajukan usahanya, sekaligus memperkenalkan indahnya batik Indonesia di kancah internasional," pungkas Meiliana.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini