nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pacar Ketagihan Main Game? Daripada Diputusin, Coba 4 Langkah Ini Deh

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 09:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 08 196 2052889 pacar-ketagihan-main-game-daripada-diputusin-coba-4-langkah-ini-deh-rzVIixJMOx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERMAIN game memang dapat meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan dan daya ingat. Namun, beda cerita ketika Anda memiliki pacar yang terlalu sibuk main game.

Jika pacar Anda menduakan dengan game kesayangan, memang tidak menyenangkan. Lantas, apa yang bisa dilakukan agar hobi pasangan Anda tidak berubah menjadi kecanduan?

Bermain game secara berlebihan dapat mengubah persepsi seseorang terhadap dunia nyata dan memengaruhi perilakunya terhadap pasangan. Saat hobi telah berubah menjadi kecanduan, kegiatan ini bahkan bisa menjauhkan Anda dari pasangan.

Ada beberapa cara yang disarakan untuk menghadapi seorang pacar yang terlalu sering bermain game. Berikut di antaranya:

Baca Juga: Lady Gaga Bikin Heboh di Met Gala 2019, Pakai 4 Lapis Busana Sekaligus!

1. Sampaikan dengan baik dan jujur

Beri tahukan apa yang Anda rasakan mengenai kebiasaan pasangan dalam bermain game. Jelaskan dengan jujur mengenai dampaknya pada keharmonisan hubungan Anda. Sampaikan hal ini dengan cara yang baik agar tidak menimbulkan konflik.

Perilaku pacar yang sibuk main game memang keliru, tapi cobalah untuk tidak mengucapkan sesuatu yang memicu pertengkaran.

Misalnya, menuduh bahwa dia lebih menyukai teman-teman bermain game-nya, atau mengancam putus jika dia tidak menghentikan kebiasaannya.

Baca Juga: Para Wanita Avengers Endgame di Met Gala 2019, Siapa Paling Mencuri Perhatian?

2. Mengajaknya melakukan kegiatan lain

Saat pacar sedang tidak sibuk main game, cobalah mengajaknya duduk bersama untuk berbicara. Diskusikan kegiatan lain yang bisa Anda lakukan dengannya untuk mengganti kebiasaan bermain game.

Carilah kegiatan yang melibatkan interaksi langsung antara Anda dengan pasangan. Lakukan kegiatan yang membuatnya merasa lebih hidup, misalnya pergi untuk rekreasi atau makan malam bersama. Tapi, bermain game berdua bukanlah salah satunya.

3. Hindari sikap yang membuatnya semakin sering bermain game

Kecanduan akan menjadi semakin parah jika lingkungan sekitarnya mendukung hal tersebut. Lingkungan terdekat pasangan Anda dimulai dari diri Anda sendiri. Jadi, cobalah menghindari sikap yang dapat membuat pasangan Anda semakin sering bermain game.

Tapi, ada beberapa sikap keliru yang harus dihindari di antaranya hanya diam dan tidak mengatakan apapun, saat pacar terlalu sibuk main game hingga mengabaikan Anda. Selalu memaklumi perilakunya, tanpa pernah menjelaskan kondisi atau yang Anda rasa sebenarnya.

Selain itu, hindari juga membawakan makanan atau minuman saat pasangan bermain game, ini menunjukkan bahwa Anda mendukungnya. Melindungi pasangan dari konsekuensi atas perilakunya, misalnya membantu membuat alasan saat rekan kerjanya menelepon, atau mengatur agenda yang seharusnya dia lakukan sendiri.

4. Cari bantuan psikolog

Kebiasaan sibuk main game bisa menjadi tanda bahwa pacar Anda memang mengalami kecanduan. Kasus kecanduan pada umumnya tidak dapat diselesaikan sendiri dan perlu diatasi dengan bantuan seorang psikolog.

Masalah kecanduan biasanya diatasi melalui terapi kognitif perilaku. Psikolog akan membantu pasangan Anda untuk menghilangkan pikiran obsesif yang membuatnya selalu ingin bermain game.

Terapi juga dapat melibatkan seluruh anggota keluarga untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pemulihan. Pacar yang sibuk bermain game sebenarnya membutuhkan dukungan untuk pulih dari perilaku buruknya. Pada sebagian besar kasus, kebiasaan ini muncul akibat masalah emosional yang menumpuk dan tidak kunjung terselesaikan.

Jika komunikasi yang baik dan pengalihan apa pun tidak membuahkan hasil, maka cobalah membantu pasangan menemukan akar masalahnya. Inilah yang harus dituntaskan dengan bantuan seorang psikolog guna memperbaiki perilaku pacar Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini