nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Mi Ayam Jumbo Super Murah Dibanderol Rp9.000 Saja! Yakin Bisa Ngabisin?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 18:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 08 298 2053082 viral-mi-ayam-jumbo-super-murah-dibanderol-rp9-000-saja-yakin-bisa-ngabisin-L0eQD1BH1e.png Mi Ayam Yogyakarta (Foto: Youtube)

Yogyakarta telah lama dikenal sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia. Buktinya, film dokumentari yang baru saja dikeluarkan oleh Netflix berjudul "Street Food" memasukkan Yogyakarta, sebagai satu dari sekian banyak spot kuliner terlezat di dunia, khususnya Asia Tenggara.

Para wisatawan yang pernah menyambangi Jogja, pasti tahu betul karakteristik kuliner di kawasan ini. Dari segi rasa, beberapa kudapan dibalut dengan sensasi rasa manis yang khas seperti gudeg.

Tidak hanya itu, bicara soal harga, sebagian surga kuliner Yogyakarta ini memang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Saking murahnya, Anda bisa membeli satu mangkuk bakmi ayam porsi jumbo seharga Rp9 ribu saja.

Baca juga :

Adalah Mi Ayam Pucuk Cumbri, warung makan yang terletak di Jl. Cemorodari, Sleman, Yogyakarta, ini sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan pencinta kuliner nusantara, lantaran olahan mi ayamnya viral di sebuah grup Facebook.

Menurut penuturan sang pedagang, kejadian ini bermula ketika salah seorang pengunjung mengunggah foto olahan mi ayamnya ke media sosial. Hal tersebut ia lakukan karena terkesima melihat porsinya yang sangat besar.

"Jadi tahun 2013, ada orang yang datang makan disini. Dia kaget melihat porsi mi ayam saya. Dulu saya juga bingung menentukan porsi ini. Anak muda itu klo beli 1 porsi tidak kenyang, kalau dua kemahalan. Jadi ya sudah saya bikin porsi jumbo hanya tambah Rp2 ribu saja," tutur sang pedagang mi.

Berkat unggahan itu, warung Mi Ayam Pucuk Cumbri mulai didatangi para pengunjung dari berbagai daerah. Jika melihat video yang diunggah channel YouTube Evan Media, sebetulnya tidak ada yang spesial dari olahan mi ayam ini selain porsinya yang jumbo.

Bahan-bahan yang digunakan sama dengan olahan mi ayam kebanyakan. Ada daging ayam cincang, daun bawang, sayur sawi, dan bawang goreng. Namun ketika melihat proses pembuatannya, sang pedagang ternyata menggunakan bahan-bahan makanan yang masih segar.

Selain itu, kuah yang dipakai untuk menambah cita rasa olahan mi berasal dari kuah semur ayam atau ayam kecap yang dijadikan topping tambahan. Bisa dibayangkan seperti apa sensasi rasanya saat tekstur mi yang lembut berpadu dengan kuah nan gurih dengan sedikit sentuhan rasa manis.

Kunci kelezatan olahan mi ini juga berasal dari bumbu yang dicampurkan oleh sang pedagang. Setidaknya ada 2 jenis minyak dan bumbu yang dituangkan di atas mangkuk sebagai campuran mi yang baru selesai di rebus.

Pertanyaannya sekarang, bisakah Anda menyantap mi ayam jumbo ini sampai habis? Bahkan, sang empunya video terlihat kesusahan saat hendak mengaduk mi-nya sendiri.

Bila tertarik mencobanya, warung Mi Ayam Pucuk Cumbri (Asli Wonogiri) berlokasi di Jl. Cemorodari, Sleman, Yogyakarta. Warung ini buka mulai pukul 10.00 WIB - 21.00 WIB.

(ren)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini