nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Mistis di Balik Bukit Soeharto, Alternatif Ibu Kota Baru

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 15:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 08 406 2053087 kisah-mistis-di-balik-bukit-soeharto-alternatif-ibu-kota-baru-e2RYBllRM4.jpg Bukit Soeharto (Foto: adiejm/Instagram)

Taman Hutan Raya Bukit Soeharto di Kalimantan Timur diusulkan menjadi salah satu alternatif ibu kota negara. Kawasan dengan luas mencapai 61.850 hektar itu dinilai potensial karena memiliki sejumlah keunggulan, termasuk menyangkut aksebilitas.

Ya, kawasan tersebut memang dekat dengan dua bandara internasional, memiliki jalan utama yang bisa dilalui, dan ke depannya akan terintegrasi dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Tapi siapa sangka, di balik kemudahan soal akses, ternyata Bukit Soeharto menyimpan kisah mistis. Mulai dari suasana menyeramkan, orang hilang, hingga penampakan hantu.

Merangkum berbagai sumber, Rabu (8/5/2019), kisah mistis di kawasan tersebut sudah dimulai sejak masa penjajahan Jepang. Pada masa itu, para romusha yang merupakan penduduk Indonesia dimanfaatkan untuk mengerjakan proyek militer secara paksa. Salah satu tugas mereka adalah membangun jalan termasuk di Bukit Soeharto.

 Baca Juga: Seluk-beluk Bukit Soeharto, Alternatif Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Mirisnya, para romusha bukan hanya melakukan kerja paksa melainkan juga dibantai oleh pemerintah Jepang. Mayat mereka juga dibuang ke hutan tanpa dikubur. Hal itu membuat masyarakat setempat percaya jika hantu romusha sangat berbahaya karena sering meminta tumbal. Sebagai contoh, dahulu ratusan pekerja pembangunan jalan mengalami kejadian sial yaitu terserang malaria atau penyakit kuning dan meninggal akibat kecelakaan yang tidak wajar.

Kekejaman ternyata bukan hanya pada zaman romusha. Di masa Orde Baru, Bukit Soeharto juga menjadi tempat pembuangan bagi para korban penembakan. Mereka yang menjadi korban kabarnya adalah penjahat atau preman yang sengaja ditembak. Oleh karenanya, kesan angker tak terelakkan dari kawasan tersebut.

 Baca Juga: Tampilan Baju Koko ala Irfan Hakim, Keren dengan Motif Batik

Banyak masyarakat yang enggan melewati kawasan menjelang sore hari. Selain karena suasananya yang gelap dan mencekam, sering terdengar suara mengerikan. Beberapa orang yang nekat melintasi Bukit Soeharto saat malam menjemput dikabarkan hilang ditelan hutan. Kalaupun ada yang selamat, mereka pada akhirnya menjadi gila.

Masyarakat mengatakan jika kejadian itu disebabkan oleh makhluk gaib. Mereka yang hilang arah sengaja 'dibelokkan' ke jalan yang tidak seharusnya. Kisah mistis lainnya adalah penampakan hantu di Bukit Soeharto. Ada yang pernah melihat hantu pribumi yang kepalanya hampir putus dan diyakini sebagai korban romusha. Kecelakaan maut juga sering tak terhindar di tempat tersebut karena diyakini para hantu meminta tumbal. Hal ini membuat kawasan menjadi terasa lebih angker.

(tam)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini