nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Main Handphone saat Belanja Bisa Bikin Boros, Kok Bisa?

Rahma Yulita, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 15:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 08 612 2053060 main-handphone-saat-belanja-bisa-bikin-boros-kok-bisa-NHEfjwGgOA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

AKHIR bulan adalah waktu yang digunakan orang untuk belanja untuk keperluan satu bulan ke depan. Biasanya, orang yang berbelanja ke supermarket akan membutuhkan daftar belanjaan apa saja yang harus mereka beli supaya tidak ada barang yang terlewat.

Para peneliti pun melihat orang ingin membeli, dan apa yang mereka lakukan. Mereka melihat bahwa orang yang menggunakan ponsel mereka untuk melakukan aktivitas yang tidak ada hubungannya dengan aktivitas belanja mereka, seperti mendengarkan lagu atau membalas email, akan menjadi impulsif.

Melansir menshealth, Rabu (8/5/2019) menurut studi Michael R. Sciandra, Ph.D, asisten profesor pemasaran di Fairfield University in Connecticut, orang-orang yang seperti itu cenderung akan membeli lebih banyak barang tidak direncanakan, daripada orang yang tidak menggunakan ponselnya saat berbelanja.

Baca Juga: Lady Gaga Bikin Heboh di Met Gala 2019, Pakai 4 Lapis Busana Sekaligus!

Barang-barang yang dibeli pun cenderung merupakan produk “hedonis” yang berlebihan dan tidak praktis. Jika Anda hanya menggunakan ponsel untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan belanja, seperti menghitung harga dan mengecek barang apa saja yang sudah masuk ke dalam keranjang, Anda tidak akan menjadi orang yang menyimpang dari daftar belanja.

Nah, agar Anda menjadi lebih lalai saat berbelanja, supermarket pun menerapkan cara pintar. Mereka mungkin memanfaatkan hal ini dengan memberikan layanan WiFi gratis, agar Anda tetap terhubung dengan ponsel Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Fairfield University, University of Pittsburgh, dan University of Oxford, untuk memanfaatkan distractability, mereka bahkan memasukkan iklan dan info yang tidak terkait dalam aplikasi belanja seluler untuk mengalihkan perhatian Anda.

Baca Juga: Tampilan Seksi Pink Panda Kembaran Blackpink dari Indonesia

Walaupun demikian, beberapa konsumen mengatakan bahwa ponsel mereka tidak mempengaruhi mereka saat berbelanja. Meski demikian, peneliti menyebut semakin Anda melekat pada ponsel Anda, semakin buruk efeknya.

Karenanya, lebih baik Anda tidak menyimpan daftar belanjaan di ponsel, dan membuat Anda menjadi impulsif karena distraksi yang diberikan oleh ponsel. Akhirnya, Anda mungkin tanpa sadar membeli banyak camilan yang pastinya akan membuat Anda menjadi gemuk.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini