nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Menarik Archie Harrison, Putra Pangeran Harry dan Meghan Markle

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 18:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 09 196 2053637 5-fakta-menarik-archie-harrison-putra-pangeran-harry-dan-meghan-markle-bUY2fbm6Nj.jpg Archie Harrison Mountbatten-Windsor putra Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto: RoyalUk)

Pasangan Meghan Markle dan Pangeran Harry resmi menyambut kelahiran putra pertama mereka yang lahir pada 6 Mei 2019. Dua hari setelahnya, Meghan dan Harry mengumumkan bahwa sang buah hati telah diberi nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Pemilihan nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor ini ternyata mengejutkan sejumlah pihak. Sebelumnya, santer beredar kabar bahwa pasangan ini akan memilih nama yang menjunjung tinggi nilai-nilai perbedaan (diversity), mengingat sang ibu memiliki keturunan kulit hitam.

Namun di balik nama tersebut, tersimpan 5 fakta menarik yang wajib Anda ketahui. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari Hollywood Life, Kamis (9/5/2019).

1. Arti nama

 

Archie sendiri memiliki arti "terhormat dan berani", dan juga merupakan nama pendek leluhur Putri Diana, Archibald. Pemilihan nama depan ini dianggap menggabungkan unsur classic royal dengan sedikit sentuhan Amerika.

Sementara untuk nama tengahnya sendiri "Harrison" atau "son of Harry" dianggap tepat karena disesuaikan dengan nama lengkap sang ayah yakni, Henry Charles Albert David. Harrison juga memiliki arti "Putra Harry". Nama belakang Archie, Mounbatten-Windsor, disamakan dengan nama belakang yang digunakan oleh seluruh keturunan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

 Baca Juga: Archie Putra Pangeran Harry Dibungkus Kain Rajut Seharga Rp1,9 Juta saat Diperkenalkan

2. Tidak ada gelar kehormatan

 

Pada saat kelahirannya, Archie tidak diberi 'coutersy name' atau gelar kehormatan. Nama ini biasanya merujuk pada kondisi seseorang di masa dewasa, dan banyak anggota keluarga kerajaan yang menggunakaannya. Salah satu contoh adalah Harry yang sering disebut sebagai "Harry Wales". Nama tersebut berasal dari ayahnya, Pangeran Charles.

Pada 8 Mei lalu, juru bicara Istana Kensington mengonfirmasi bahwa Meghan dan Harry tidak punya rencana memberi gelar kehormatan untuk bayi mereka, Archie.

"Memang benar bahwa mereka memilih untuk tidak memberi putra mereka gelar kehormatan," kata juru bicara Istana, mengutip Washington Post.

 Baca Juga: Makna Tersirat Busana Putih Meghan Markle Usai Melahirkan

3. Memiliki banyak keluarga dan kerabat terkemuka

 

Mengingat Archie lahir di lingkungan Kerajaan Inggris, tak pelak bila cucu Pangeran Charles dan Putri Diana itu memiliki banyak keluarga dan kerabat dengan latar belakang bangsawan. Di sisi kerajaan, Archie Harrison merupakan keponakan dari Pangeran William dan Kate Middleton, serta cicit dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Di sisi Meghan, Archie adalah cucu dari Doria Ragland dan Thomas Markle. Dia juga merupakan keponakan Samantha Markle dan Thomas Markle Jr.

4. Berada di urutan ketujuh dalam takhta Kerajaan Inggris

Bila melihat posisinya saat ini, sangat tidak mungkin bagi Archie untuk menyabet gelar raja. Berdasarkan aturan monarki, anak tertua yang masih hidup dari Raja atau Ratu saat inilah yang berhak melanjutkan takhta kerajaan. Mengingat Pangeran William adalah anak tertua yang masih hidup dari Pangeran Charles, anak-anaknya, George, Charlotte dan Louis, memiliki potensi lebih besar untuk menjadi Raja atau Ratu, itulah sebabnya mereka disebut sebagai "Pangeran" dan "Putri". Jika Pangeran William dan ketiga anaknya tidak memungkinkan untuk naik takhta, Harry akan berada di baris berikutnya diikuti oleh Archie.

 

5. Memiliki halaman sendiri di situs web Keluarga Kerajaan Inggris

Seperti ibunya, Meghan yang menikahi Harry pada Mei 2018 lalu, para bangsawan tidak mau membuang waktu untuk menambahkan Archie Harrison ke platform resmi keluarga kerajaan. Halamannya berisikan foto Archie yang dibagikan pertama kali kepada publik, nama lengkap, serta detail-detail kelahiran dan relasi dari anggota keluarga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini