nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menu Sarapan Sehat Pilihan Orang Indonesia

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 20:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 09 481 2053702 menu-sarapan-sehat-pilihan-orang-indonesia-q6ZWRfrUiX.jpg Sarapan sehat orang Indonesia (Foto : eatsmarter)

Setiap orang membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk melakukan segudang aktivitas. Para ahli mengatakan ada 3 waktu konsumsi makanan yang tidak boleh terlewatkan yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Di antara jeda waktu makan pun perlu diselingi camilan.

Akan tetapi, pada kenyataannya masih banyak orang yang melewatkan waktu makan terutama sarapan. Menurut sebuah survei, lebih dari sebagian besar orang yang tidak sarapan alasannya karena keterbatasan waktu. Rata-rata mengatakan mereka harus mengejar waktu agar tidak terlambat memulai aktivitas. Kondisi itu membuat mereka berpikir tidak sempat menyiapkan sarapan. Kalau pun ada waktu, jenis makanan saat sarapan tergolong kurang sehat.

Diungkapkan oleh ahli nutrisi Dr. Hamid Jan, makanan paling baik untuk sarapan adalah yang kandungan proteinnya tinggi. Entah itu protein nabati maupun hewani. Dirinya mengatakan, sebenarnya sudah banyak yang mengetahui jenis sarapan sehat tapi pada prakteknya tidak memilih makanan tersebut.

"Dari survei diketahui orang tahu jika jenis makanan yang sehat saat sarapan adalah telur dan susu. Tapi kebanyakan lebih memilih mengonsumsi telur dengan kopi atau teh. Malah ada yang konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan pada akhirnya menyebabkan kantuk," ujar Dr. Hamid saat ditemui Okezone dalam paparan hasil 'Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik', Kamis (9/5/2019), di Jakarta.

Sarapan Sehat

Survei yang dilakukan oleh Herbalife Nutrition itu melibatkan 5.500 responden di 11 negara yaitu Australia, Hong Kong, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, termasuk Indonesia. Hasil survei juga mengungkapkan jika masyarakat Tanah Air sebenarnya menyadari manfaat sarapan sehat. Namun ada beberapa faktor yang membuat mereka enggan mengonsumsi sarapan sehat selain waktu. Mulai dari banyaknya bahan yang harus disiapkan, tidak mau repot, dan tingginya biaya yang diperlukan.

"Kalau bicara waktu, sebenarnya itu bukan penghalang utama. Tapi memang mereka yang bangunnya telat pasti tidak sempat sarapan sehat. Faktor lainnya adalah orang Indonesia tidak terbiasa sarapan on the go alias di jalan," papar Dr. Hamid.

Menurutnya, orang Indonesia lebih senang sarapan di meja makan. Hal itulah yang membuat mereka membutuhkan waktu lebih lama. Padahal tidak ada yang salah dengan sarapan di jalan atau tempat kerja. Ada banyak pilihan menu makanan yang mudah dibuat.

"Sarapan Bisa saja buat roti isi selai atau telur dan sayur-sayuran. Lalu minum protein shake, atau juga konsumsi omelet dengan bayam. Semuanya itu mudah untum dibuat," tandas Dr. Hamid.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini