nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Orang yang Pernah Selingkuh Akan Kembali Ulangi Perbuatannya?

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 16:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 10 196 2053990 benarkah-orang-yang-pernah-selingkuh-akan-kembali-ulangi-perbuatannya-p5IANeB0wT.jpg Orang yang pernah selingkuh akan mengulangi perbuatannya kembali (Foto : Anxiety)

Perselingkuhan adalah pil pahit dalam sebuah hubungan. Baik itu pasangan yang masih pacaran maupun sudah menikah. Banyak pasangan yang memutuskan untuk berpisah karena salah satu pihak selingkuh. Tapi ada pula yang memilih bertahan dan memberikan kesempatan kedua bagi pasangannya.

Akan tetapi, apakah bisa dijamin seseorang yang pernah selingkuh tidak akan mengulangi tindakannya di kemudian hari? Bahkan ada ungkapan yang menyatakan 'Sekali berselingkuh akan tetap selingkuh'. Peneliti dari University of Denver mencoba menjelaskan hal tersebut.

Mereka melibatkan 484 orang peserta penelitian dimana 68 persen di antaranya adalah perempuan. Peserta penelitian diminta menjawab pertanyaan tentang beberapa hubungan romantis yang pernah mereka jalani. Hasilnya sebanyak 44 persen melaporkan pernah bercinta dengan orang lain di luar hubungan yang sedang dirajut. Sementara 30 persen mengatakan mengetahui jika pasangannya tidak setia.

Selingkuh

Tim peneliti juga menemukan mereka yang mengaku pernah berselingkuh memiliki kemungkinan lebih dari tiga kali lipat untuk berselingkuh lagi di hubungan lain. Selain itu, orang-orang yang mengetahui pasangannya pernah berselingkuh sebelum menjalani hubungan dengan mereka mendapati peristiwa yang sama dimana pasangan kembali tidak setia. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior ini juga didukung oleh penelitian pada 2016 yanh mengungkapkan hal senada.

Meski begitu, masih ada peluang bagi orang-orang yang pernah berselingkuh untuk berubah. Oleh karenanya, Anda tidak perlu khawatir untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang pernah memiliki masalah ketidak setiaan. Namun memang ada hal-hal yang perlu diwaspadai.

Menurut psikolog klinis Frank Dattilio, Ph.D., guna mencegah terjadinya perselingkuhan, calon pasangan harus mendiskusikan tentang hal tersebut. Jika ada salah satu pihak yang menolak untuk membicarakan hal tentang selingkuh, maka sebaiknya hubungan tidak ditingkatkan. Sebaliknya, jika diskusi berjalan dengan baik, maka ada harapan hubungan akan berlangsung baik pula. Demikian seperti yang Okezone lansir dari Pulse, Jumat (10/5/2019).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini