nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilah Pilih Pasangan, Ada yang Pamali Sampai Beli Marga Seharga Mobil

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 19:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 10 196 2054191 pilah-pilih-pasangan-ada-yang-pamali-sampai-beli-marga-seharga-mobil-BOHP0xQkN9.jpg

KETIKA suku Jawa memilih pasangan dari suku Sunda, acapkali pernikahan mereka sering dianggap pamali. Nah, padahal ratusan suku tersebar di Indonesia sampai berakulturasi. Apakah semuanya terancam pamali?

Eitss..jangan percaya dulu. Okezone lebih valid dengan menampilkan kasus-kasus pernikahan orang Jawa dan Sunda yang berakhir nestapa dan bahagia. Semua itu murni siklus semata, ada yang sukses dan ada yang belum ditakdirkan bersatu hingga ajal memisahkan.

Mitos-mitos dalam pernikahan antarsuku memang tak bisa dipungkiri. Tak direstui nikah beda suku, Ustadz Abdul Shomad sampai mengeluarkan pernyataan tentang isu penting tersebut. Simak ya di kanal lifestyle.okezone.com edisi “Nikah Dua Dunia”.

Biar berimbang, baca plus minus menikah berbeda suku, mulai dari suku Batak yang harus menebus harga marga hingga suku Bugis dengan uang mahar tak tanggung-tanggung.

Buat jomblo boy yang ingin punya istri cantik, Okezone contekin daftar perempuan bibit unggul dari suku-suku tertentu. Sebut saja dari suku Sunda yang pandai berias. Gadis asal Banyuwangi nan eksotis atau gadis Dayak yang molek.

Putri cantik salihah bisa Okezoners dapatkan dari kalangan suku Aceh dan Madura. Bukan saja berparas apik, kebanyakan mereka dibekali ilmu agama sejak kecil. Wow..sempurna!

Yang berburu suami, pria asal Jawa masih menjadi favorit karena dikenal sabar dan nerimo. Ingin kaya, konon seorang gadis bisa menikahi cewek dan cowok dari daerah Bali dan Batak. Kultur patriarki membuat mereka menerima semua warisan langsung dari nenek moyang.

Kalau kaum Adam ingin merasakan sensasi dilamar, pilih saja perempuan asli Lamongan dan Padang. Niscaya Okezoners enggak susah-susah mikir mahar karena pihak keluarga wanita yang melamar pria.

Cerita lain datang dari YouTubers Nikmatul Rosidah yang tinggal di Hongkong tampil fenomenal. Meski banyak haters karena dianggap tak pantas menikahi bule, ia bertahan dan tampil bahagia bersama suami dan ketiga anaknya.

Ada pula curhatan beda ras lainnya yang terangkum oleh Okezone. Suka duka pernikahan dengan orang Arab yang sarat dengan kultur konservatif ataupun curhat seorang istri bersuamikan orang Tionghoa.

Sebenarnya enggak masalah sih pasangan beda suku dan ras asalkan bahagia. Contohnya sederet selebritis Indonesia yang menikah meski beda bangsa. Ada Hamish Daud-Raisa (Australia-Sunda) sampai BCL-Ashraf (Padang-Malaysia). 

Anak-Anak blasteran seperti pasangan tersebut juga laris di dunia entertainment, seperti Cinta Laura, Irish Bella, Dewi Sandra, Stefan William sampai keluarga Chandrawinata (Nadine, Mischa-Marcell).

Cinta berbeda memang tak selamanya mulus. Pernikahan antarbangsa yang berakhir nestapa dialami oleh Manohara dengan pangeran asal Malaysia, dan tentu saja Tamara-Mike Lewis.

Okezone cuma merangkum kisah-kisah pernikahan mereka biar ada sebuah hikmah dalam hidup. Cukup simak semua artikelnya di Okezone Weekend pada Sabtu-Minggu tanggal 11-12 Juni 2019.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini