nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sektor Pariwisata Rasakan Dampak Positif dari Pembangunan Infrastruktur di Era Jokowi

Risna Nur Rahayu, Jurnalis · Sabtu 11 Mei 2019 08:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 10 406 2053909 sektor-pariwisata-rasakan-dampak-positif-dari-pembangunan-infrastruktur-di-era-jokowi-flQmGMmJVs.jpg Foto: MNC LAND

JAKARTA – Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo sangat gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Sektor pariwisata menjadi salah satu yang merasakan dampak positif dari pembangunan infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dianggap akan meningkatkan konektivitas dan merangsang daya saing antar-daerah. Dikutip dari berbagai sumber, sejumlah pembangunan infrastruktur pun telah selesai dilakukan, meliputi infrastrukur pendukung ketahanan pangan, infrastruktur telekomunikasi, dan infrastruktur konektivitas.

Khusus infrastruktur konektivitas, pemerintah telah berhasil membangun sejumlah pelabuhan, bandar udara, lintasan kereta api, serta jalan dan jembatan. Dengan meratanya pembangunan infrastruktur konektivitas di seluruh wilayah di Indonesia, membuat sektor pariwisata di daerah semakin ramai dikunjungi.

MNC LAND 

Manfaat jalan tol untuk sektor pariwisata

Kehadiran jalan tol memiliki dampak positif bagi pertumbuhan pariwisata sekaligus perekonomian di daerah tersebut. Karena itu, para wisatawan tidak perlu lagi takut terkena macet ketika akan berlibur ke Lido ataupun daerah lainnya yang sudah memiliki akses jalan tol.

Proyek Jalan Tol Bocimi yang sebelumnya sempat terhambat pembangunannya selama 21 tahun, akhirnya terlaksana. Ruas Ciawi-Cigombong (seksi 1 Tol Bocimi) sepanjang 15,3 kilometer telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2018.

Dengan adanya Jalan Tol Bocimi, destinasi wisata yang berada di sekitar Lido semakin ramai dan menjadi alternatif wisata bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya, seperti Danau Lido, Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol, Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango hingga Geopark Ciletuh.

Dampak positif untuk bisnis hotel & resor

Pembangunan Jalan Tol Bocimi juga memberikan pengaruh positif bagi bisnis hotel & resor yang berada di sepanjang Jalan Raya Bogor-Sukabumi, salah satunya Lido Lake Resort by MNC Hotel yang berlokasi di Lido.

Lido Lake Resort by MNC Hotel yang dikembangkan oleh MNC Land ini sangat dikenal dengan panorama alam Danau Lido yang memukau. Dengan kehadiran Jalan Tol Bocimi menjadikan resor yang memiliki pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede-Pangrango ini semakin ramai dikunjungi sebagai tempat wisata akhir pekan ataupun pilihan tempat outing perusahaan.

Maka dari itu, tidak heran jika wilayah Lido ke depannya bisa menjadi pusat perkembangan pariwisata di Jawa Barat. Terlebih jika Jalan Tol Bocimi yang terbagi dalam 4 seksi telah selesai dibangun dan terhubung langsung dengan beberapa ruas tol lainnya, seperti Sukabumi, Cianjur, dan Bandung.

Seperti diketahui, pembangunan jalan tol selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo hingga saat ini telah mencapai 947 kilometer, meliputi Jalan Tol Trans Jawa, Trans Sumatera, dan beberapa ruas jalan tol lainnya, sedangkan Jalan Tol Bocimi menjadi bagian dalam pengembangan Jalan Tol Trans Jawa bagian selatan.

(ris)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini