nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cek Cara Duduk Anak Anda, Posisi W Sangat Berbahaya

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 05:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 10 481 2053813 cek-cara-duduk-anak-anda-posisi-w-sangat-berbahaya-zLY0Hj8YlW.JPG

BANYAK hal yang perlu diperhatikan orangtua untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Tak hanya sekadar memberikan nutrisi yang cukup dan stimulasi, orangtua juga perlu melihat cara anak mengambil posisi bagi tubuhnya. Contoh, posisi duduk anak.

Ada satu posisi duduk anak yang harus dihindari yaitu posisi W di mana lutut ditekuk dan kaki diarahkan keluar. Biasanya anak-anak sering mengambil posisi duduk ini saat menonton TV. Orangtua diharapkan mencegah anaknya duduk dalam posisi tersebut terutama jika usianya di bawah 2 tahun.

Menurut The Pediatric Therapy Centre, jika anak duduk dengan posisi W sebelum usianya 2 tahun dapat membuat kaki, pergelangan kaki, dan pinggul menjadi tegang. Kondisi ini memengaruhi cara berjalan mereka.

Selain berdampak buruk pada anggota tubuh bagian bawah, posisi duduk anak tersebut dapat merusak kekuatan inti dan keterampilan motorik anak. Pada akhirnya hal itu dapat mengubah keseimbangan serta kemampuan mereka untuk berlari dan melompat pada usia balita atau awal sekolah.

Dokter Sam Hay mengatakan pada kasus-kasus ekstrem, anak-anak yang duduk dalam posisi W dapat mengalami dislapsia pinggul. “Dampak terburuk dari displasia pinggul dapat menyebabkan anak berjalan dan berlari dengan tidak normal. Bahkan mereka bisa mengalami radang sendi yang parah di usia dewasa awal," ujarnya dikutip dari The Sun.

Posisi W juga sangat memengaruhi stabilitas inti, mobilitas, dan kekuatan tubuh bagian atas. Hal ini dapat memengaruhi koordinasi dan transisi untuk mengembangkan tangan yang dominan serta keterampilan menulis. Dr Sam menambahkan, tekanan ekstra pada sendi dan ligamen dapat menyebabkan masalah tambahan.

"Meski begitu, saya pikir orangtua jangan panik jika melihat posisi duduk anak sesekali dengan posisi W karena tidak apa-apa. Tapi yang menjadi masalah jika anak terus menerus duduk dalam posisi tersebut," ujar dr Sam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini