nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Stigma Perempuan Sunda Malas dan Matre?

Harisah Chamil, Jurnalis · Sabtu 11 Mei 2019 22:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 11 196 2054363 benarkah-stigma-perempuan-sunda-malas-dan-matre-qF4YhcgYJF.jpg Ilustrasi (Foto: Self)

Sebagian orang Jawa Barat termasuk dalam suku Sunda, yang memiliki ciri khas tertentu dan dapat membedakannya dengan suku-suku lain, baik dari bentuk wajah, gaya bicaranya bahkan juga sifat mereka.

Perempuan Sunda memang dikenal jagonya menaklukkan hati para lelaki. Selain penampilannya yang selalu tampak menawan, para perempuan Sunda juga terkenal dengan sifatnya yang lemah lembut.

Walaupun orang Sunda dikenal memiliki banyak sekali sifat serta karakter yang baik. Mulai dari keramahannya, tutur bahasa yang halus, budi pekerti, hingga kebiasaan orang Sunda yang murah senyum serta senang berbagi tawa. Namun di balik semua itu, bukan berarti orang Sunda tak memiliki sifat dan kebiasaan buruk.

Seperti banyak orang beranggapan bahwa ada sebagian orang Sunda itu gengsian, malas, dan materialistis. Kemungkinan hal itu benar adanya, atau mungkin juga stigma tersebut kurang tepat. Tetapi besar kemungkinan hal itu disebabkan karena faktor lingkungan mereka.

 

Menurut pandangan para lelaki, pada umumnya perempuan itu materialistis. Mereka akan mau menerima lelaki jika dapat memenuhi semua kebutuhannya. Namun sebagian juga mengatakan perempuan tidaklah matre, tetapi bagaimana lelaki dapat memberi sebagian yang mereka miliki kepada perempuannya.

Begitu halnya juga dengan orang Sunda, mereka mempunyai stigma negatif yang paling melekat bahwa mereka adalah para perempuan yang materialistis. Karena sifat mereka yang lembut, dan apa adanya saat mengatakan sesuatu hingga akhirnya mereka dicap sebagai matre. Padahal sebenarnya sebagian perempuan juga seperti itu, hanya saja cara menyampaikannya yang membuat orang Sunda kerap dibilang matrerialistis.

Selain matre, stigma yang tidak ketinggalan dari perempuan Sunda adalah sifat mereka yang malas dan hanya bisa berdandan saja. Namun mengapa orang Sunda kerap dibilang pemalas?

Pada umumnya orang Sunda itu dikenal santai dalam setiap mengatasi masalah atau hal kecil sampai masalah besar. Dari sanalah mungkin orang-orang beranggapan bahwa orang Sunda itu pemalas yang menganggap semua masalah menjadi enteng.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini