nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Menikah Beda Suku Tidak Direstui Orangtua? Lakukan Hal Ini

Aris Wardani, Jurnalis · Sabtu 11 Mei 2019 14:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 11 196 2054423 mau-menikah-beda-suku-tidak-direstui-orangtua-lakukan-hal-ini-ZvJ1yKqhYx.jpeg Ilustrasi (Foto: Sheknows)

Dalam sudut pandang agama manapun tidak ada larangan menikah dengan siapapun dan dari suku apapun. Tetapi dalam adat istiadat di masyarakat sekitar masih banyak yang tabu dengan pernikahan berbeda suku.

Misalnya orang suku Jawa dilarang menikah dengan suku Sunda dikarenakan ada keyakinan suku Jawa akan dikendalikan oleh suku Sunda, melupakan keluarga dari suku Jawa, dan masih banyak lagi cerita tentang mitos yang sudah ada di kalangan masyarakat.

 

Apakah pernikahan berbeda suku itu dilarang dalam sudut pandang agama Islam? Inilah jawaban dari Ustaz Abdul Somad dalam khotbahnya di suatu acara.

Dihimpun dari akun Youtube Hijrah Kuy!, seseorang bertanya tentang bagaimana mengubah pola pikir orangtua dan calon mertua tentang menikah beda suku.

Mengutip ayat Alquran, Ustaz Abdul Somad mengatakan bahwa yang dilihat oleh Allah bukanlah sukunya, melainkan rasa takutnya pada Allah.

 

"Maka jadi menantu yang takut sama Allah. Sesuku pun sama kita kalau dia nggak takut, balik anak kita ke rumah matanya biru, berdarah sebelah matanya. Kenapa? Ditempelengnya," ujar Ustaz Abdul Somad.

"Adapun engkau hai anak muda yang mau menikah, kalau kau ditolak calon mertuamu, calon mertuamu itu apa sukunya? Kalau sukunya Minangkabau, cari ustaz yang orang awak, supaya dia nanti melobi calon mertuamu," lanjutnya.

Tujuannya adalah agar ustaz tersebut mengutarakan maksud dan melobi kepada calon mertua menggunakan bahasa setempat. Jadi dalam sudut pandang Islam tidak ada yang larangan menikah beda suku karena di mata Allah semua sama derajatnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini