nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meghan Markle Masih Terlihat Seperti Hamil, Ini Penjelasan Medisnya

Willi Zera Kertangi, Jurnalis · Sabtu 11 Mei 2019 14:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 11 481 2054383 meghan-markle-masih-terlihat-seperti-hamil-ini-penjelasan-medisnya-rlNCJA4hFb.jpg Meghan Markle (Foto: Eonline)

Pangeran Harry dan Meghan Markle baru saja memperkenalkan putra mereka, Baby Sussex alias Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Meghan juga menunjukkan bahwa dia sama seperti wanita lain setelah melahirkan, yaitu memiliki benjolan diperut seperti masih hamil (baby bump), dan kaki yang bengkak.

Meghan Markle mengungkapkan hal yang manis kepada khalayak tentang perasaannya menjadi ibu baru. "Ini ajaib. Sangat menakjubkan. Saya memiliki dua lelaki terbaik di dunia, jadi saya sangat senang," katanya kepada pers.

Tetapi Meghan tidak berusaha menyembunyikan fakta bahwa dia seperti kebanyakan ibu baru, masih memiliki perut yang besar pasca melahirkan, serta kaki yang bengkak. Foto pertama Markle dengan Archie Harrison membuktikan bahwa efek kehamilan tidak secara ajaib hilang setelah melahirkan.

 

"Aku masih melihat benjolan!" seorang menulis di Twitter. "Kenapa dia masih terlihat hamil?" puluhan lainnya bertanya.

Hal Ini sangat umum terjadi setelah Anda memiliki bayi, mungkin akan membingungkan jika Anda adalah orangtua baru. Dilansir dari Prevention, Sabtu (11/5/2019), inilah yang perlu Anda ketahui.

 Baca Juga: Anak Keempatnya Telah Lahir, Ini Kata Kim Kardashian

Mengapa kaki bengkak ketika Anda hamil dan berapa lama untuk pulih?

Meskipun tidak terjadi pada setiap wanita, cukup umum untuk mengalami kaki bengkak selama kehamilan. “Tubuh Anda mempertahankan cairan ekstra selama kehamilan, dan itu bisa menyebabkan pembengkakan,” kata pakar kesehatan wanita Jennifer Wider, MD.

“Mengapa itu terjadi di kaki Anda? Itu karena gravitasi. Cairan ekstra harus mengalir ke suatu tempat, dan cairan tersebut hanya bisa menyatu di sekitar pergelangan kaki Anda,” tambahnya.

 Baca Juga: Ramalan Zodiak Akhir Pekan: Virgo Jangan Menyendiri, Kamu Butuh Sosialisasi

Ia melanjutkan, sayangnya, pembengkakan itu tidak hilang secara ajaib setelah Anda memiliki bayi. Wanita perlahan-lahan kehilangan cairan ekstra melalui kencing dan keringat, tetapi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk membuang semua cairan bisa berbeda-beda tergantung wanita tersebut.

"Untuk beberapa wanita, itu hilang dalam beberapa minggu. Tetapi ada yang butuh hingga enam minggu agar pembengkakan sepenuhnya hilang," ungkapnya.

 

Berapa lama benjolan di perut hilang?

Seperti pembengkakan kaki, benjolan di perut juga biasanya tidak hilang begitu saja setelah bayi dilahirkan. Ada beberapa alasan. Pertama rahim Anda membesar dan perlu waktu untuk menyusut kembali dan itu bisa menyebabkan benjolan tetap ada. tetapi perut Anda juga bisa bengkak karena cairan ekstra.

"Biasanya dalam enam minggu, rahim wanita akan kembali ke ukuran normal," kata Dr Greves. "Tapi setelah dua minggu, itu berada di bawah panggul Anda dan seharusnya kurang terlihat," tambahnya.

Jika Anda berurusan dengan pembengkakan setelah melahirkan dan itu mengganggu Anda, Dr. Wider merekomendasikan untuk minum banyak air, memakai stoking kompresi, menghindari garam, dan melakukan olahraga ringan untuk membuat segalanya bergerak. "Beberapa penelitian menunjukkan pijat juga bisa membantu," kata Dr. Wider.

Secara keseluruhan, hal-hal ini sama sekali tidak berbahaya, hal tersebut hanya bagian dari kehamilan dan masa pasca kehamilan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini